PENGARUH VARIABEL-VARIABEL FUNDAMENTAL TERHADAP HARGA SAHAM DI BURSA EFEK JAKARTA (Studi pada Perusahaan Food and Beverage yang Tercatat di BEJ)

ANIK SUMARNI

Abstract


Penelitian ini merupakan studi pada perusahaan Food and Beverage dengan judul ?Pengaruh Variabel-variabel Fundamental terhadap Harga saham di Bursa Efek Jakarta (Studi pada Perusahaan Food and Beverage yang tercatat di BEJ)?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan bukti secara empiris mengenai pengaruh variabel fundamental secara simultan dan parsial terhadap harga saham pada perusahaan Food and Beverage yang tercatat di BEJ.
Dalam penelitian ini perumusan masalahnya, yaitu : apakah variabel fundamental secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan Food and Beverage yang tercatat di BEJ.
Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji normalitas, uji asumsi klasik (uji autokorelasi, uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas), analisa regresi berganda serta uji hipotesis (uji F dan uji t).
Hasil perhitungan menunjukkan bahwa hasil uji normalitas telah terdistribusi normal setelah ditransformasikan dengan menggunakan Ln. Uji asumsi klasik menunjukkan bahwa tidak terjadi autokorelasi, multikolinearitas dan heterokedastisitas. Analisa regresi linear berganda menunjukkan angka yang signifikan. Uji F yang menunjukkan bahwa variable ROA, ROE, EPS dan PBV berpengaruh signifikan terhadap harga saham serta uji t yang menunjukkan bahwa ROE, EPS dan PBV berpengaruh signifikan terhadap harga saham.
Secara umum, dapat dikatakan bahwa variabel-variabel tersebut mempunyai pengaruh yang relatif kuat pengaruhnya terhadap harga saham. Hal ini membuktikan bahwa sebagian besar harga saham dipengaruhi oleh variabel tersebut dan variabel lainnya.

 

Keyword : Variabel Fundamental, Harga Saham

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/184/jiptummpp-gdl-s1-2007-aniksumarn-9156-Pendahul-n.pdf


Keywords


Variabel Fundamental; Harga Saham