EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN PADA FUNGSI PEMBIAYAAN MURABAHAH (Studi Kasus PT. BRI Kantor Cabang Syariah Surabaya)

Merita Mulyani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang merupakan suatu bentuk penelitian yang dilakukan untuk memberikan gambaran atas sebuah keadaan atau fenomena, dengan judul ?Evaluasi Sistem Pengendalian Intern pada Fungsi Pembiayaan Murabahah? (Studi Kasus PT. BRI Kantor Cabang Syariah Surabaya).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengendalian intern pada fungsi pembiayaan Murabahah BRI Kantor Cabang Syariah Surabaya, dalam menyelesaikan penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisa data deskriptif, yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut: mengevaluasi struktur organisasi pada fungsi pembiayaan, apakah telah memisahkan tanggung jawab fungsional secara tepat atau belum, mengevaluasi sistem wewenang dan prosedur pembukuan yang telah dijalankan, apakah telah melaksanakan pemisahan otorisasi transaksi dan pengawasan terhadap operasi yang terjadi, mengevaluasi praktek kerja yang dijalankan dalam melakukan tugas dan fungsi-fungsi setiap bagian, mengevaluasi kualitas karyawan apakah telah sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern fungsi pembiayaan pada PT. BRI Kantor Cabang Syariah Surabaya masih perlu dilakukan beberapa pembenahan. Hal ini ditunjukkan beberapa indikasi antara lain: Dalam prosedur pencatatan pembiayaan Murabahah terdapat kelemahan yaitu dokumen Offering Letter (OL) yang berisi penawaran hanya dibuat rangkap satu, dan dokumen Memorandum Analisa Pembiayaan (MAP) hanya dibuat rangkap satu. Peneliti menyarankan dokumen Offering Letter (OL) supaya dibuat rangkap dua, dimana lembar pertama untuk nasabah dan lembar kedua untuk bagian administrasi pembiayaan. Memorandum Analisa Pembiayaan (MAP) dibuat rangkap dua, lembar pertama disimpan oleh administrasi pembiayaan dan account officer yang akan digunakan sebagai bahan untuk menganalisis nasabah pada saat pembayaran angsuran dan juga sebagai data (riwayat) seorang nasabah yang diberikan fasilitas pembiayaan oleh BRI kantor cabang Syariah Surabaya.
. Untuk mencapai praktik kerja yang sehat dan dapat memenuhi persyaratan pengendalian intern yang memuaskan, sebaiknya dilakukan pengecekan kembali atas penilaian kelayakan (analisis) yang telah dilaksanakan oleh account officer yaitu oleh pihak yang berwenang (support pembiayaan) sehingga didapatkan hasil analisis yang memadai.

 

Keyword : Sistem Pengendalian Intern pada Fungsi Murabahah

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/184/jiptummpp-gdl-s1-2007-meritamuly-9157-1.+Penda-n.PDF


Keywords


Sistem Pengendalian Intern pada Fungsi Murabahah