PERLAKUAN AKUNTANSI ATAS DEPOSITO MUDHARABAH PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI CABANG SURABAYA

FINA FIDIYAH

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Surabaya dengan judul ?Perlakuan Akuntansi Atas Deposito Mudharabah Pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Suarabaya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai apakah perlakuan akuntansi atas deposito mudharabah pada sudah sesuai dengan PSAK No.59 tentang Akuntansi Perbankan Syariah. Dalam penelitian ini, penulis melakukan penelitian berjenis deskriptif kuantitatif dengan menganalisis pengakuan bagi hasi deposito mudharabah, penentuan bagi hasil deposito mudharabah, pencatatan dan penyajiannya deposito mudharabah.
Dari analisis yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa dalam menghitung bagi hasil deposito mudharabah menggunakan metode revenue sharing, sesuai dengan PSAK No.59 paragraf 25. Untuk perhitungan bagi hasil deposito mudharabah dilakukan pada akhir periode sebesar yang tercatat, sesuai dengan PSAK No.59 paragraf 29. Adapun bagi hasil deposito mudharabah diberikan pada nasabah dan bank sesuai dengan nisbah yang disepakati awal perjanjian, sesuai dengan PSAKNo.59 paragraf 30. sedangkan penyajian deposito mudharabah dikelompokan pada pos investasi tidak terikat dan dibedakan pada pos kewajiban dan modal, sesuai dengan PSAK No.59.
Darikesimpulan diatas, penulis memberikan saran bahwa sebaiknya metode revenue sharing segera diganti dengan metode profit sharing, karena metode revenue sharing tidak memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang profit dan loss sharing sesuingguhnya.

 

Keyword : Perlakuan AKuntansi, Deposito Mudharabah

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/184/jiptummpp-gdl-s1-2007-finafidiya-9160-1.+PENDA-N.pdf


Keywords


Perlakuan AKuntansi; Deposito Mudharabah