ANALISIS PORTOFOLIO DENGAN METODE INDEKS TUNGGAL PADA SAHAM-SAHAM SYARIAH YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII)

Sri Astuti Ningsih

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada saham JII yang tercatat di Bursa Efek Jakarta (BEJ) selama periode Januari 2005 sampai dengan Desember 2005 dengan judul ?Analisis Portofolio Dengan Metode Indeks Tunggal Pada Saham-Saham Syariah Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII)?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengukur saham-saham Jakarta Islamic Index (JII) yang terdaftar di BEJ dengan alat analisis portofolio yaitu model indeks tunggal dalam rangka untuk mengetahui tingkat return dan risk-nya serta untuk mengetahui portofolio saham optimal.
Alat analisis yang digunakan adalah metode indeks tunggal.
Hasil perhitungan dengan menggunakan model indeks tunggal maka dapat diketahui bahwa ada 7 saham yang termasuk dalam portofolio saham optimal, dari 7 saham yang termasuk dalam portofolio saham optimal dapat diketahui tingkat pengembalian portofolionya yaitu sebesar 0,0037dan risiko portofolio sebesar 0,0000028563.
Berdasarkan analisis diatas maka investor dapat menjadikan referensi dalam mengambil suatu keputusan investasi di pasar modal.

 

Keyword : Saham-Saham Syariah, portfolio, index tunggal

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/184/jiptummpp-gdl-s1-2007-sriastutin-9163-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Saham-Saham Syariah; portfolio; index tunggal