ANALISIS RASIO KEUANGAN GUNA MENILAI KINERJA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES YANG LISTING DI BEJ

HAFIZH MUHAMMAD

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif (penjelasan) pada  perusahaan food and beverages yang terdafar di Bursa Efek Jakarta dengan judul  Analisis Rasio Keuangan Guna Menilai Kinerja Perusahaan food and beverages  Yang Listing di BEJ .
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan  perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta dan menilai  perusahaan manakah yang memiliki kinerja paling baik selama lima tahun periode  akuntansi.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan  perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta dengan menggunakan metode analisa data Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas, Aktivitas,
dan Pertumbuhan serta mencari nilai rata-rata industri kelima perusahaan food and beverages.
Dari hasil kelima analisis di atas, maka dapat diketahui bahwa kinerja perusahaan PT. Indofood, PT. Sekar Laut, dan PT. Ultrajaya Milk dari tahun 2001- 2005 kurang baik, sementara PT. Sari Husada, PT. Mayora, dan PT. Siantar Top memiliki kinerja yang cukup baik dari tahun 2001-2005. Dan dari hasil analisis kelima rasio tersebut, maka dapat diketahui kinerja perusahaan yang terbaik atau berhasil berdasarkan rasio keuangan selama periode tahun 2001 sampai tahun 2005
adalah PT. Sari Husada.
Dari hasil analisa rasio keuangan maka dapat diketahui bahwa perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta mempunyai kinerja keuangan yang masih kurang efektif dan efisien karena banyak perusahaan yang berada di bawah rata-rata industri, sedangkan perusahaan yang memiliki kinerja keuangan paling baik atau berhasil adalah PT. Sari Husada Tbk.

 

Keyword : Analisis Rasio Keuangan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/184/jiptummpp-gdl-s1-2007-hafizhmuha-9167-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Analisis Rasio Keuangan