PENENTUAN BIAYA STANDAR UNTUK PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI PADA PERUSAHAAN TRAS MODERN TULUNGAGUNG

PUGUH TRI WALUYO

Abstract


Untuk menghadapi suatu persaingan usaha yang ketat, sebuah perusahaan lebih dulu dituntut untuk bisa bertahan dalam lingkaran persaingan tersebut. Salah satu cara untuk mempertahankan kelangsungan hidup suatu perusahaan secara keseluruhan yaitu dengan cara perencanaan dan pengendalian seluruh kegiatan perusahaan termasuk kegiatan produksi. Fokus dari penelitian ini adalah bagaimana cara sebuah perusahaan dalam usahanya mengendalikan biaya produksi untuk bisa mempertahankan kelangsungan hidupnya.
Biaya standar adalah suatu sistem biaya yang ditentukan di muka dan yang seharusnya terjadi untuk membuat satu atau beberapa kesatuan barang produksi atau kegiatan tertentu selama periode tertentu, di bawah asumsi ekonomi, efisiensi dan faktor-faktor lain tertentu. Kaitannya dengan pengendalian dapat dicermati dari kata-kata biaya yang seharusnya terjadi yang berarti biaya standar merupakan pedoman dalam pengeluaran biaya yang sesungguhnya dalam suatu proses pembiayaan produksi.
Hasil analisis yang didapatkan dari penelitian ini terdapat beberapa penyimpangan terutama dalam pemakaian bahan baku dan pembayaran gaji tenaga kerja dalam jumlah yang cukup signifikan. Artinya biaya standar belum diterapkan pada perusahaan ini atau penerapannya tidak berjalan sebagaimana mestinya.

 

Keyword : Biaya standar, pengendalian

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/184/jiptummpp-gdl-s1-2007-puguhtriwa-9177-pendahul-n.pdf


Keywords


Biaya standar; pengendalian