Department of Accounting, 2006

Font Size:  Small  Medium  Large   Print Page

EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS PENJUALAN DAN PENERIMAAN KAS PADA PT. PANTJAMITRA ICHIGOJAYA MALANG

Rakhmawati Budhihastuti

Abstract


Sistem pengendalian intern terhadap penjualan pada suatu perusahaan dapat dikatakan memadai apabila dalam pelaksanaanya terdapat suatu peningkatan dalam penerimaan kas oleh perusahaan itu sendiri. Sistem Pengendalian Intern terhadap penjualan pada suatu perusahaan belum bisa dikatakan memadai jika target dalam penjualan produk yang telah direncanakan tidak terpenuhi, sehingga pihak manajemen perlu meningkatkan pengendalian intern manajemennya. Dengan adanya pengendalian intern yang telah direncanakan sebelumnya akan memperkecil kemungkinan penyelewengan terhadap prosedur penjualan dan penerimaan kas akan dapat diketahui oleh pihak manajemen.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ?Apakah sistem pengendalian intern atas penjualan dan penerimaan kas pada PT Pantjamitra Ichigodjaya selama ini sudah berjalan dengan baik?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengendalian intern atas penjualan dan penerimaan kas sudah berjalan dengan baik.
Sifat penelitian yang dilakukan ini adalah studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data yang diperoleh langsung dari obyek yang diteliti dalam hal ini PT Pantjamitra Ichigodjaya Malang.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan : wawancara dan Observasi dan Dokumentasi. Teknik analisa data yang dilakukan terhadap unsur-unsur Struktur Pengendalian Intern yaitu : (1) Struktur Organisasi Perusahaan khususnya bagian penjualan dan penerimaan kas (2) Prosedur penjualan dan penerimaan kas (3) Pelaksanaan praktek yang sehat dalam perusahaan (4) Pegawai yang Cakap sesuai dengan keahlian
Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan sesuai dengan perumusan masalah yang ada apakah sistem pengendalian intern atas penjualan dan penerimaan kas di PT. Pantjamitra Ichigojaya selama ini apakah sudah berjalan dengan baik adalah sebagai berikut: (1) Jika dilihat dari struktur organisasi perusahaan dimana memuat alur wewenang dan tanggung jawab dari masing-masing bagian, struktur organisasinya sudah bagus. (2) Dari hasil analisis dan pembahasan tentang penjualan dan penerimaan kas PT. Pantjamitra Ichigodjaya Malang selama periode 1998 sampai dengan 2002, menyebutkan bahwa penjualan dari tahun 1998 ke tahun 1999 mengalami penurunan. (3) Bahwa investor adalah bukan sebagai penghalang dalam peningkatan pendapatan kas perusahaan bahkan merupakan gambaran masa depan dalam pengembangan perusahaan. (4) Untuk meningkatkan pendistribusian yang lebih cepat, hendaknya pihak perusahaan membuka factory outlet-factory outlet dimana kota Malang sebagai kota pelajar yang mana mereka sangat mengikuti perkembangan dunia fashion.

 

Keyword : PENGENDALIAN INTERN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/185/jiptummpp-gdl-s1-2007-rakhmawati-9231-PENDAHUL-N.pdf



Abstract: PDF , PS , DOC