Department of Accounting, 2006

Font Size:  Small  Medium  Large   Print Page

IMPLEMENTASI TAX PLANNING SEBAGAI ALTERNATIF PENGHEMATAN PAJAK PENGHASILAN PADA PT. AUSTRAL BYNA BANJARMASIN

TEDDY SETIAWAN

Abstract


Penelitian yang berjudul ?Implementasi Tax Planning Sebagai Alternatif Penghematan Pajak Penghasilan Pada PT. Austral Byna Banjarmasin? ini, melakukan penelitian pada sebuah perusahaan yang bergerak dibidang produksi kayu lapis (Plywood). Jenis penelitian yang dilakukan adalah studi kasus karena penelitian langsung berhadapan dengan masalah yang ada pada subyek yang diteliti.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara melakukan perencanaan (tax planning) yang benar dan legal sebagai upaya penghematan pajak terutang berdasarkan Undang-undang Perpajakan Tahun 2000 dan untuk mengetahui besarnya penghematan pajak setelah dilakukan tax planning.
Untuk memudahkan penelitian dalam mencapai tujuannya, maka penelitian melakukan beberapa tahapan analisis antara lain melakukan perhitungan pajak penghasilan melalui laporan rekonsiliasi, melakukan analisis perpajakan atas penghasilan, melakukan analisis perpajakan atas biaya-biaya fiskal (strategi agar dapat dikurangkan laba kena pajak), dan yang terakhir melakukan perhitungan pajak dengan melaksanakan strategi pajak.
Dari hasil perhitungan yang dilakukan melalui tahap-tahap analisis tersebut menunjukkan jumlah penghematan pajak yang dilakukan pada tahun 2003. Hal itu dapat dilihat dari presentase penghematan pajak pada tahun 2003 tersebut presentase penghematan pajaknya menurun sebesar 13,04 % atau sebesar Rp. 39.261.313,32. Jumlah penghematan pajak yang menurun pada tahun 2003 tersebut dapat terjadi karena jumlah biaya fiskal tersebut jumlahnya semakin menurun, sedangkan jumlah penghasilan pada tahun 2003 meningkat dengan presentase kenaikan yang tidak terlalu besar, sehingga penghasilan kena pajak pada tahun 2003 menjadi meningkat.
Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin besar biaya fiskal atau semakin besar biaya kena pajaknya, maka jumlah penghasilan kena pajaknya semakin kecil sehingga pajak yang harus ditanggung semakin kecil.

 


Keyword : Tax Planning

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/145/jiptummpp-gdl-s1-2006-teddysetia-7222-PENDAHUL-N.pdf



Abstract: PDF , PS , DOC