SEGMENTED REPORTING UNTUK PENILAIAN KINERJA SUATU SEGMEN PADA PR. HF. PRIMA MALANG

DODDY SETYO BUDIARTO

Abstract


Akuntansi sebagai salah satu kegiatan yang menyediakan data kuantitatif terutama yang bersifat keuangan, kini dituntut untuk menyajikan informasi yang bukan sekedar neraca, laporan laba rugi dan perubahan modal. Hal tersebut mengingat informasi yang dibutuhkan oleh seorang manajer tentunya berupa informasi yang dapat mendukung pengambilan keputusan. Salah satu keputusan akuntansi yang dibutuhkan untuk menilai kinerja serta sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan untuk usaha yang terbagi dari berbagai jenis produk adalah analisis segmented reporting.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan segmented reporting untuk penilaian kinerja suatu segmen produk pada PR. HF. PRIMA Malang. Sedangkan kegunaan penelitian ini khususnya bagi perusahaan dapat memberikan masukan dan penambahan referensi serta pemahaman mengenai penerapan segmented reporting untuk penilaian kinerja suatu segmen.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan yaitu produk Sangkar Mas Clasic memiliki kemampuan yang lebih besar dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan, yaitu laba yang maksimal. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa segmen produk Sangkar Mas Clasic mempunyai kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan produk Sangkar Mas Alami. Dari hasil perbandingan segmen margin rasio maka dapat ditentukan profit masing-masing segmen dan dapat diketahui segmen mana yang mempunyai kontribusi margin tertinggi terhadap laba perusahaan secara keseluruhan. Dari perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa apabila didasarkan atas laba yang dihasilkan oleh produk Sangkar Mas Clasic lebih besar dibandingkan dengan produk Sangkar Mas Alami.
Beberapa saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu diharapkan perusahaan untuk tetap memperhatikan atas jumlah kapasitas produksi masing-masing segmen, sehingga perusahaan tidak hanya memfokuskan pada salah satu segmen produk. Diharapkan perusahaan dalam mempertahankan kedua segmen produk tersebut, hal tersebut dikarenakan kedua segmen tersebut masih memiliki kontribusi yang menguntungkan bagi perusahaan. Adapun langkah-langkah nyata yang dapat dilakukan oleh perusahaan yaitu meliputi lebih meningkatkan atas kualitas kedua produk tersebut sehingga konsumen tetap memilih produk tersebut. Lebih meningkatkan kinerja pada bagian pemasaran sehingga mampu meningkatan volume penjualan serta memperluas pangsa pasarnya bagi daerah-daerah yang belum mengenal produk. Bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian mengenai topik yang sama diharapkan untuk menambah jumlah data penelitian sehingga hasil penelitian ini dapat lebih berkembang dan lebih akurat.

 

Keyword : Segmented Reporting

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/147/jiptummpp-gdl-s1-2006-doddysetyo-7316-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Segmented Reporting