ANALISIS BIAYA MUTU UNTUK MENILAI KINERJA BAGIAN PRODUKSI PADA INDUSTRI MARMER CV. SELO MAKMUR TULUNGAGUNG

TRI SASMITO WIDODO

Abstract


Penelitian dengan judul ?Analisis Biaya Mutu untuk Menilai Kinerja Bagian Produksi? merupakan Studi Kasus pada Industri Marmer CV. Selo Makmur Tulungagung.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan biaya mutu terhadap peningkatan kualitas yang dihasilkan serta pengaruh biaya mutu terhadap peningkatan kinerja bagian produksi dalam menghasilkan produk yang berkualitas.
Dalam penelitian ini. Penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut: Apakah pelaksanaan manajemen mutu oleh departemen produksi berkaitan dengan pengelolaan biaya mutu yang terjadi.
Analisis yang digunakan untuk menilai pelaksanaan manajemen mutu dan penggunaan biaya mutu untuk menilai kinerja bagian produksi adalah analisis biaya mutu.
Hasil analisis menunjukkan bahwa biaya mutu yang terjadi tahun 2001-2003 sebesar 5,26%, 4,66% dan 4,58% dari penjualan masing-masing tahun yang bersangkutan.
Dari hasil analisis biaya mutu, diketahui bahwa biaya mutu yang terjadi mengalami penurunan dari tahun 2001-2003. Hal ini mrnunjukkan adanya kemajuan untuk mengarah pada standar 2,5% dari penjualan.
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis memberikan saran sebaiknya perusahaan menekan biaya mutu untuk lebih berada pada kisaran standar umum, yaitu 2,5% dari penjualan tanpa mengurangi kualitas produk yang dihasilkan dan sebaiknya pelaksanaan manajemen mutu tidak hanya dilakukan pada bagian produksi , tetapi pada bagian selain bagian produksi seperti bagian pembelian, bagian personal dan bagian pemasaran.

 

Keyword : analisis Biaya Mutu

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/147/jiptummpp-gdl-s1-2006-trisasmito-7318-PENDAHUL-N.pdf

Keywords


analisis Biaya Mutu