EVALUASI PERLAKUAN BIAYA PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA PT. (PERSERO) PELABUHAN INDONESIA III CABANG PROBOLINGGO

JOKO HADI PURWANTO

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan judul ?Evaluasi Perlakuan Biaya Pengembangan Sumber Daya Manusia pada PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia III Cabang Probolinggo?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perlakuan biaya pengembangan sumber daya manusia dalam laporan keuangan PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia III Probolinggo.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui perlakuan biaya pengembangan sumber daya manusia terhadap laporan keuangan adalah dengan cara mengidentifikasi semua biaya yang terkait dengan pengembangan sumber daya manusia, melihat bagaimana pencatatannya, bagaimana pelaporannya dalam laporan keuangan, bagaimana penyajiannya, dan yang terakhir adalah sejauh mana tingkat efisiensi biaya pengembangan sumber daya manusia dengan cara membandingkannya dengan anggaran perusahaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan memisahkan antara biaya pengembangan sumber daya manusia dengan biaya perjalanan dinas karyawan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia perusahaan. Perusahaan menggabungkan antara biaya mutasi dengan biaya perjalanan dinas yang mengakibatkan besarnya biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam rangka mengembangkan kemampuan karyawannya menjadi kurang jelas.
Berdasarkan kesimpulan tersebut diatas maka penulis dapat memberikan saran bahwa sebaiknya PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia III Cabang Probolinggo memisahkan antara biaya perjalanan dinas yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan karyawannya dengan biaya mutasi karyawan, sehingga dapat diketahui dengan pasti seberapa besar biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia perusahaan.

 

Keyword : Akuntansi Biaya

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/147/jiptummpp-gdl-s1-2006-jokohadipu-7319-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Akuntansi Biaya