TAX PLANNING SEBAGAI UPAYA LEGAL MEMINIMALKAN PAJAK PENGHASILAN TERHUTANG WAJIB PAJAK BADAN PT. MULTI KREASI DAYA PERKASA MALANG

WISNU ALIT SATRIO KUSUMO

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT Multi Kreasi Daya Perkasa Malang, dengan judul ?Tax Planning Sebagai Upaya Legal Meminimalkan Pajak Penghasilan Terhutang Wajib Pajak Badan PT. Multi Kreasi Daya Perkasa Malang?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tax planning dalam usaha meminimalkan pajak penghasilan terhutang pada sebuah perusahaan dan melihat apakah tax planning yang dilakukan nantinya tidak bertentangan dengan Undang-Undang Perpajakan yang berlaku di Indonesia.
Untuk mengetahui upaya-upaya legal yang bisa ditempuh dalam melakukan tax planning agar nantinya dapat meminimalkan pajak penghasilan terhutang wajib pajak badan yang akan dibayar, penulis mengacu pada Undang-undang Perpajakan Indonesia dan memanfaatkan celah-celah yang dapat diambil dari peraturan Perundang-undangan yang berlaku.
Dari hasil penelitian tersebut penulis dapat melakukan penghematan besarnya pajak penghasilan yang harus dikeluarkan PT. Multi Kreasi Daya Perkasa Malang sebesar Rp.27.164.892 untuk tahun 2003 dan Rp. 29.100.000 untuk tahun 2004, selain itu penulis juga menemukan kesalahan-kesalahan atas perhitungan besarnya penyusutan dikarenakan kesalahan atas penentuan tarif yang dgunakan.
Berdasarkan penelitian diatas PT. Multi Kreasi Daya Perkasa Malang hendaknya lebih memperhatikan biaya-biaya yang dikeluarkan supaya biaya-biaya tersebut dapat diakui sebagai pengurang laba menurut peraturan perpajakan, memperhatikan perhitungan besarnya penyusutan aktiva tetapnya, dan membentuk tim perencanaan pajak (tax planning) untuk mengatur hal-hal yang terkait dengan perlakuan pajak perusahaan.

 

Keyword : Laporan Keuangan, Pajak, dan Perencanaan Pajak


Keywords


Laporan Keuangan; Pajak; Perencanaan Pajak