ANALISIS KINERJA KEUANGAN DENGAN BERBASIS DU PONT SYSTEM (STUDI PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERCATAT DI BEJ) ANALISIS KINERJA KEUANGAN DENGAN BERBASIS DU PONT SYSTEM (STUDI PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERCATAT DI BEJ)

Indri Ariyanti Fitrianingtyas

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk mengukur kinerja perusahaan dengan menggunakan analisis Du Pont System pada tiga perusahaan makanan dan minuman yang terdapat di BEJ, yaitu PT. Davo Mas Abadi tk, PT. Mayora Indah tbk, dan PT Aqua Golden Missisippi tbk, dalam penelitian ini penulis mengadakan analisis terhadap laporan keuangan yang diperoleh dari pojok BEJ UMM. Penelitian ini dulakukan mulai bulan September 2005 ? April 2006.
Data yang digunakan diperoleh dengan mengambil dan mengumpulkan dokumen dari 3 perusahaan yang terdaftar di BEJ. Dokumen yang dikumpulkan berupa data laporan keuangan yaitu neraca dan laporan laba-rugi tahun 2002 ? 2003. laporan keuangan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis Du Pon system.
Hasil perhitungan dengan menggunakan Du Pon system (ROI) diperoleh informasi bahwa PT. Davomas Abadi tbk yang mampu menghasilkan ROI tinggi dibandingkan kedua perusahaan lainnya ini berarti bahwa kinerja perusahaan dalam menghasilkan laba semakin baik.
Berdasarkan kesimpulan diatas maka saran yang dapat diberikan perusahaan tersebut adalah perusahaan dianjurkan agar bisa mempertahankan keadaan yang sudah baik dan berusaha meningkatkan laba dengan meningkatkan penjualan dan menekan biaya sehingga laba yang dicapai meningkat dan kinerja perusahaan akan baik.

 

Keyword : Kinerja Keuangan, Du pont System

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/151/jiptummpp-gdl-s1-2006-indriariya-7512-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Kinerja Keuangan; Du pont System