PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI BIAYA GUNA MENENTUKAN HARGA POKOK PRODUKSI LEBIH AKURAT (Studi Kasus Pada UMKM ?Abadi? Malang)

Candra Noma Wirayudha

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada UMKM keripik tempe ?Abadi? dengan judul ?Penerapan Sistem Pencatatan Biaya Guna Menentukan Harga Pokok Produksi (studi kasus pada UMKM ?Abadi? Malang)?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem pencatatan biaya, dalam menentukan harga pokok produksi yang dilakukan UMKM keripik tempe ?Abadi? Malang.
Dalam melakukan penelitian cara yang dilakukan dengan mengidentifikasi biaya, mengklasifikasikan biaya serta mencatat semua transaksi yang terjadi selama proses produksi, sedangkan metode analisis yang digunakan untuk menentukan harga pokok produksi adalah mengunakan harga pokok proses dengan metode first in first out (FIFO).
Hasil perhitungan harga pokok proses dalam menentukan harga pokok produksi dengan metode FIFO adalah sebesar Rp 20.686 per Kg.
Dari hasil analisis perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode FIFO lebih baik karena memperhitungkan tingkat penyelesaian persediaan produk dalam proses awal.
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat memberikan saran; diharapkan UMKM mengarsipkan dan melakukan pencatatan terhadap semua bukti transaksi agar memudahkan dalam perhitungan harga pokok produksi, dalam menentukan harga pokok produksi sebaiknya menggunakan harga pokok proses dengan metode FIFO.

 

Keyword : Sistem Akuntansi Biaya, Harga Pokok Produksi

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/151/jiptummpp-gdl-s1-2006-candranoma-7526-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Sistem Akuntansi Biaya; Harga Pokok Produksi