ANALISIS RASIO KEUANGAN ALAT UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAN PERTAMBANGAN YANG LISTING DI BEJ

Choirul Anwar

Abstract


Dalam penelitian ini terdapat penitikberatkan pada kinerja keuangan pada sektor kinerja perusahaan pertambangan pada Bursa Efek Jakarta karenanya penelitian yang dilakukan adalah studi kasus, hal ini berarti memberikan suatu gambaran mengenai analisa kinerja keuangan pasa perusahaan pertambangan yang listing di Bursa Efek Jakarta.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa kinerja keuangan perusahaan pertambangan yang listing di Bursa Efek Jakarta dan membandingkan kinerja keuangan perusahaan masing-masing yang terdiri dari 4 perusahaan pertambangan yaitu PT. Aneka Tambang Tbk, PT. Timah Tbk, PT. Tambang Batubara Tbk, dan PT. Apexindo Pratama Tbk.
Analisis yang digunakan untuk mengetahui kinerja keuangan adalah dengan menggunakan alat analisa rasio likuiditas, leverage, aktivitas dan profitabilitas. Rasio likuiditas yang meliputi current ratio dan quick ratio, rasio leverage meliputi total debt to total asset dan total debt to equity, rasio aktivitas meliputi asset turnover dan fixed asset turnover, dan rasio profitabilitas meliputi net profit margin dan return on investment.
Hasil perhitungan dengan alat dengan alat analisa yaitu alat rasio keuangan yang meliputi rasio likuiditas, leverage, aktivitas dan profitabilitas menunjukkan bahwa PT. Tambang Batubara Tbk memiliki kinerja keuangan yang paling baik

 

Keyword : Analisis Rasio, Kinerja Keuangan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/151/jiptummpp-gdl-s1-2006-choirulanw-7530-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


Analisis Rasio; Kinerja Keuangan