EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PENGELOLAAN DANA (PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS) PADA YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM AL-MUKMIN (YPIA) NGRUKI SOLO

Frano THR

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Yayasan Pendidikan Islam Al-mukmin (YPIA) Ngruki Surakarta Solo. Dengan judul Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Terhadap Pengelolaan Dana (Penerimaan dan Pengeluaran kas) pada Yayasan Pendidikan Islam Al-mukmin (YPIA) Ngruki Solo.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efesiensi dan efektifitas Sistem Pengendalian Intern terhadap pengelolaan dana (Penerimaan dan Pengeluaran kas) pada Yayasan Pendidikan Islam Al-mukmin (YPIA) Ngruki Solo.
Dalam menyelesaikan penelitian ini peneliti menggunakan data diskriptif kualitatif yaitu dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut : mengevaluasi Sistem Pengendalian Intern yang dikaitkan dengan elemen-elemen itu sendiri meliputi : struktur organisasi yang memisahkan tanggung jawab fungsional yang tegas, sistem wewenang dan prosedur pencatatan yang memberikan perlindungan cukup terhadap kas, praktek yang sehat dalam melaksanakan tugas dan karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawab.
Berdasarkan hasil penelitian, secara umum Sistem Pengendalian Intern yang diterapkan di YPIA cukup efektif dan efesien. Hal itu terbukti adanya kenaikan penerimaan pada infak insedentil sebesar 38,88 %, terjadinya penurunan persentase biaya sebesar 2,3 % serta terjadi kenaikan saving untuk pembangunan dan pengembangan pondok peasantern sebesar 42,8 %. Kelemahan yaitu belum adanya badan pengendalian intern yang mengendalikan dan menjaga harta milik YPIA.

 

Keyword : Sistem Pengendalian Intern dan YPIA


Keywords


Sistem Pengendalian Intern dan YPIA