PENGARUH KINERJA KEUANGAN BANK TERHADAP NILAI MARKET CAPITALIZATION PADA BANK-BANK YANG LISTING DI BEJ

Kardini Nor Yasinta

Abstract


Penelitian ini merupakan studi empiris pada perusahaan perbankan yang listing di Bursa Efek Jakarta dengan judul ?Pengaruh Kinerja Keuangan Bank Terhadap Nilai Market Capitalization Pada Bank-Bank Yang Listing di Bursa Efek Jakarta?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kinerja keuangan yang terdiri dari CAR, PBAP, FBS, BOPO dan LDR memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai market capitalization perusahaan perbankan yang listing di Bursa Efek Jakarta.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai market capitalization adalah analisis regresi linear. Sedangkan uji hipotesis yang digunakan yaitu uji F untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai market capitalization secara simultan. Selain itu digunakan juga uji T untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai market capitalization secara parsial.
Hasil perhitungan diperoleh koefisien regresi yaitu Y = 29.800.000.000 -8.080.000.000X1 ? 16.100.000.000X2 ? 10.300.000.000X3 - 10.200.000.000X4 - 14.800.000.000X5. Koefisien regresi ini menunjukkan arah pengaruh variabel kinerja keuangan terhadap nilai market capitalization perusahaan perbankan. Hasil pengujian uji F diketahui bahwa Fhitung = 3,785 > Ftabel = 2,45 yang artinya ada pengaruh secara simultan antara variabel bebas terhadap nilai market capitalization. Sedangkan menurut uji T hanya ada dua variabel independen yang mempunyai pengaruh yang signifikan yaitu BOPO dan LDR.
Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa kinerja keuangan berpengaruh terhadap nilai market capitalization serta terdapat beberapa faktor lain seperti faktor sosial, ekonomi dan politik.

 

Keyword : MARKET CAPITALIZATION, KINERJA KEUANGAN


Keywords


MARKET CAPITALIZATION; KINERJA KEUANGAN