ANALISIS KINERJA KEUANGAN BERDASARKAN ROI (RETURN ON INVESTMENT) PADA PERUSAHAAN ROKOK YANG TERCATAT DI BEJ (BURSA EFEK JAKARTA)

INDAH PUSPITA DEWI

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian komparatif pada perusahaan rokok yang tercatat di BEJ (Bursa Efek Jakarta) dengan judul Analisis Kinerja Keuangan Berdasarkan ROI (Return On Investment) Pada Perusahaan Rokok Yang Tercatat di BEJ (Bursa Efek Jakarta).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan perusahaan rokok yang tecatat di BEJ (Bursa Efek Jakarta) selama tiga tahun periode akuntansi.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan perusahaan rokok yang tercatat di BEJ dengan menggunakan metode analisis dari perhitungan ROI (Return On Investment) serta mencari nilai rata-rata industri ketiga perusahaan rokok, kemudian melakukan penilaian kinerja perusahaan berdasarkan atandart kinerja keuangan.
Hasil analisis perhitungan dengan menggunakan ROI dapat diketahui bahwa selama tahun 2001-2003 PT. H.M. Sampoerna, Tbk dan PT. BAT Indonesia, Tbk mengalami fluktuatif, sedangkan PT. Gudang Garam, Tbk mengalami penurunan ROI secara terus-menerus selama kurun waktu tersebut.
Dari hasil analisis rata-rata ROI masing-masing perusahaan selama kurun waktu 2001-2003 semua perusahaan memiliki kinerja keuangan yang baik sekali sesuai dengn standart penilaian kinerja, namun PT. H.M. Sampoerna, Tbk memiliki rata-rata ROI yang paling tinggi disbanding perusahaan rokok yang lainnya.

 

Keyword : ANALISIS, KINERJA KEUANGAN, ROI (RETURN ON INVESTMENT)


Keywords


ANALISIS; KINERJA KEUANGAN; ROI (RETURN ON INVESTMENT)