ANALISIS RASIO LIKUIDITAS DAN RASIO PROFITABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG LISTING DI BURSA EFEK JAKARTA

DESY DAMAYANTI

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian explanatory (penjelasan) pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta dengan judul ?Analisis Rasio Likuiditas Dan Rasio Profitabilitas Untuk Menilai Kinerja Keuangan Makanan Dan Minuman Yang Listing Di Bursa Efek Jakarta?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangna makanan dan minuman yang terdaftar di BEJ selama empat tahun periode akuntansi.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan perusahaan makaann dan minuman yang terdaftar di BEJ dengan menggunakan metode analisa data Likuiditas dan Profitabilitas serta mencari nilai rata-rata industri kelima perusahaan makanan dan minuman.
Hasil perhitungan dengan menggunakan kedua analisis tersebut adalah rasio likuiditas CR dan QR terbaik adalah PT. Delta Djakarta Tbk dan rasio profitabilitas Net Profit Margin, Return On Equity dan Return On Investmen perusahaan yang berada di bawah rata-rata industri adalah PT. Multi Bintang Indonesia Tbk.
Dari hasil analisa kedua rasio keuangan maka dapat diketahui bahwa perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEJ mempunyai tingkat Likuiditas yang bagus karena perusahaan sudah dapat menjamin hutang jangka pendeknya dan untuk tingkat Profitabilitas kemampuan perusahaan baik dalam memperoleh laba.

 

Keyword : ANALISIS, RASIO, LIKUIDITAS, PROFITABILITAS


Keywords


ANALISIS; RASIO; LIKUIDITAS; PROFITABILITAS