EVALUASI HARGA POKOK (COST) PROYEK PADA PERUSAHAAN JASA KONSTRUKSI CV. ARISTA NGAWI

Mala Rahmawati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus pada perusahaan jasa CV. Arista Ngawi dengan judul ? Evaluasi Harga Pokok Proyek Pada Perusahaan Jasa CV. Arista Ngawi?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah perhitungan harga pokok (cost) proyek yang dilakukan oleh CV. Arista sudah layak yaitu yaitu dengan menggunakan kalkulasi harga pokok pesanan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa CV. Arista didalam menghitung harga pokok (cost) proyek berdasarkan biaya langsung dan biaya tidak langsung, dimana penghitungan biaya tidak langsungnya/ BOP tidak didasarkan pada tarif tetapi pembebanan BOP dibagi rata untuk ketiga proyek yang telah diselesaikan selama tahun 2004. Adapun pembebanan BOP dihitung berdasarkan prosentase pendapatan seluruh proyek selama satu periode. Hal ini mengakibatkan pembebanan BOP yang kurang tepat sehingga penghitungan harga pokok (cost) proyek yang dilaporkan akan terlalu tinggi (overapllied) atau terlalu rendah (underapllied).
Dari hasil penghitungan peneliti, jika pembebanan BOP didasarkan pada tarif maka pembebanan BOP pada proyek akan lebih tepat karena BOP dibebankan sesuai dengan alokasinya. Hal ini dapat dilihat bahwa harga pokok (cost) proyek pada proyek pembangunan MTsN Paron 2 menurut penghitungan perusahaan sebesar Rp 151.447.506,81 sedangkan menurut penghitungan peneliti sebesar Rp 138.512.845,2. Selisih sebesar Rp 12.934.661,6 menunjukkan bahwa perusahaan dalam membebankan harga pokok (cost) proyek terlalu besar (overapllied).

 

Keyword : EVALUASI, HARGA POKOK


Keywords


EVALUASI; HARGA POKOK