ANALISIS ATAS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN DAN PENERIMAAN KAS ( Studi Kasus pada O2 Pool and Caf? Malang )

Gunawan Budi Cahyono

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaan jasa hiburan dan olah raga billiard O2 Pool and Caf? dengan judul ?Analisis Atas Sistem Pengendalian Intern Penjualan dan Penerimaan Kas, Studi Kasus pada O2 Pool and Caf? Malang.?
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membantu memberikan pemecahan masalah yang berkaitan dengan system pengendalian intern penjualan dan penerimaan kas dan untuk mengetahui dan menilai efektifitas Sistem Pengendalian Intern Penjualan dan Penerimaan Kas.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan interview. Semantara teknik analisis data yaitu analisis struktur organisasi, analisis sistem dan prosedur penjualan dan penerimaan kas, analisis praktek yang sehat dan analisis tentang kecakapan pegawai.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada perangkapan tugas dan wewenang pada bagian kasir, kasir melakukan fungsi ganda yaitu melakukan penjualan dengan melakukan prosedur pemesanan meja melalui prosedur komputer sekaligus menerima uang hasil penjualan. Serta belum adanya dokumen atau bukti transaksi yang kuat pada fungsi kasir, yang akan dapat membantu mempermudah pengontrolan oleh pihak menejemen.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa O2 Pool & Caf? Malang dalam melakukan Sistem Pengendalian Intern Penjualan dan Penerimaan Kas terdapat perangkapan fungsi yaitu adanya perangkapan tugas dan wewenang yang dilakukan oleh bagian kasir pada fungsi penjualan, belum adanya dokumen yang kuat yang dapat mendukung setiap transaksi yang terjadi setiap hari pada bagian kasir, yang
dapat mengakibatkan kurang dapat dipertanggung jawabkannya transaksi yang terjadi setiap hari.

 

Keyword : ANALISIS PENJUALAN DAN PENERIMAAN KAS


Keywords


ANALISIS PENJUALAN DAN PENERIMAAN KAS