ANALISIS KINERJA KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CAMEL PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI

Muhammad Zaky Mubarak

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada PT. BANK SYARIAH MANDIRI dengan judul ?Analisis Kinerja Keuangan Dengan Menggunakan Pendekatan CAMEL Pada PT . BANK SYARIAH MANDIRI?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan PT BANK SYARIAH MANDIRI yang menggunakan analisa rasio keuangan perbankan dengan standart penilaian Bank Indonesia.
Alat analisa yang digunakan untuk mengetahui kinerja keuangan PT BANK SYARIAH MANDIRI adalah dengan menggunakan metode CAMEL yang betujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan bank. Dalam analisa data menggunakan pendekatan beberapa aspek meliputi rasio permodalan (CAR), kualitas aktiva produktif (KAP), rasio manajemen, rasio rentabilitas, dan rasio likuiditas.
Hasil perhitungan dengan metode CAMEL menunjukan bahwa rasio KAP tahun 2002-2003 mengelami penurunan. Dan nilai bersih rasio keseluruhan berada pada range 81-100.
Jadi kesimpulannya, rasio KAP yang mengalami penurunan ini menandakan resiko kredit macet yang semakin tinggi. Akan tetapi kinerja keuangan PT. BANK SYARIAH MANDIRI berjalan dengan baik yang ditandai dengan hasil nilai bersih rasio keseluruhan pada range 81-100 yaitu ?SEHAT?.
Berdasarkan kesimpulan diatas hendaknya PT BANK SYARIAH MANDIRI dapat lebih selektif dan ekstra hati-hati dalam meluluskan suatu pengajuan kredit. Hal itu untuk menghindari kerugian pada bank karena terjadinya kredit macet.

 

Keyword : Analisis Kinerja Keuangan, Pendekatan CAMEL


Keywords


Analisis Kinerja Keuangan; Pendekatan CAMEL