ANALISIS RETRIBUSI PASAR TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) SEBELUM DAN SESUDAH OTONOMI DAERAH DI KABUPATEN BLITAR

Dwi Sri Wahyuli

Abstract


Penelitian ini merupakan study kasus pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Blitar. Dengan judul ?Analisis Retribusi Pasar Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sebelum dan Sesudah Otonomi Daerah di Kabupaten Blitar?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana perkembangan penerimaan retribusi pasar sebelum dan sesudah otonomi daerah, serta untuk mengetahui besarnya kontribusi retribusi pasar sebelum dan sesudah otonomi daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah adalah menggunakan, Pertama : Analisis pertumbuhan ini akan digunakan untuk mengetahui berapa besar kenaikan dan penurunan dalam tiap-tiap tahunnya. Kedua : Analisis Kontribusi. Ketiga : Analisis Korelasi.
Hasil analisis pertumbuhan menunjukkan bahwa perkembangan penerimaan retribusi pasar dari tahun ke tahun mengalami fluktuasi dan perkembangan penerimaan Pendapatan Asli Daerah juga mengalami fluktuasi. Analisis retribusi bahwa kontribusi penerimaan retribusi pasar terhadap Pendapatan Asli Daerah mengalami kenaikan. Dan untuk analisis korelasi menunjukkan bahwa adanya kecenderungan analisis retribusi pasar terhadap Pendapatan Asli Daerah menunjukan korelasi yang cukup kuat.
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka dapat kami sampaikan saran-saran kepada Dinas Pendapatan Daerah yang dalam hal ini sebagai pengelola retribusi pasar perlu meningkatkan pengawasan, pembinaan dan evaluasi secara terus-menerus terhadap petugas pemungut retribusi serta mengadakan penelitian dan pendataan secara rutin terhadap obyek dan subyek retribusi pasar guna meningkatkan penerimaan retribusi pasar.

 

Keyword : Retribusi Pasar, PAD dan Otonomi Daerah


Keywords


Retribusi Pasar; PAD; Otonomi Daerah