KEBIJAKAN PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI PADA PT. SINJARAGA SANTIKA SPORT MAJALENGKA

WEST ASEP SUBEKTI

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada pabrik bola PT. Sinjaraga Santika Sport di Majalengka dengan judul KEBIJAKAN PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI PADA PT. SINJARAGA SANTIKA SPORT, MAJALENGKA.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemungkinan penerapan akuntansi pertanggungjawaban dalam pengendalian biaya produksi pada PT. Sinjaraga Santika Sport.
Dalam penelitian ini penulis membatasi masalah sistem pengendalian biaya produksi dan harga pokok produksi. Sistem akuntansi pertanggungjawaban yang baik sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Namun sistem akuntansi pertanggungjawaban itu akan dapat diterapkan dengan baik apabila telah memenuhi syarat-syarat pokok yang ada dalam sistem akuntansi pertanggungjawaban, yaitu: harus ada pemisahan fungsi secara jelas, harus ada batas, wewenang dan tanggungjawab yang jelas diantara unit-unit organisasi.
Analisis yang digunakan adalah analisis struktur organisasi, analisis penyusunan anggaran, analisis biaya terkendali dan tidak terkendali, analisis pengkodean rekening, dan analisis laporan keuangan.
Dari analisis tersebut diatas, sesuai dengan tolak ukur yang digunakan, maka penerapan akuntansi pertanggungjawaban akan dapat membantu mengatasi masalah pengendalian biaya produksi dan harga pokok produksi.
Berdasarkan kesimpulan diatas penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya PT. Sinjaraga Santika Sport menerapkan sistem akuntansi pertanggungjawaban pada perusahaan. Upaya ini sebagai alat pengendalian biaya produksi di perusahaan.

 

Keyword : pengendalian biaya


Keywords


pengendalian biaya