ANALISIS KINERJA KOPERASI DITINJAU DARI ASPEK KEUANGAN DAN NONKEUANGAN PADA KOPERASI SUSU "SAE" PUJON MALANG

Rima Marisa

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada koperasi ? SAE? Pujon Malang dengan judul ? Analisis Kinerja Koperasi Ditinjau dari Aspek Keuangan dan Non Keuangan Pada Koperasi Susu ?SAE? Pujon Malang.
Tujuan penelitian ini adalah menilai kinerja koperasi dilihat dari rasio keuangan dan non keuangan khususnya prespektif pelanggan dengan menganalisis permasalahan jalan pemecahan melalui beberapa pendekatan teori.
Jenis penelitian yang digunakan adalah diskriptif. Analisis data yang digunakan analisis time series. Berdasarka hasil analisis rasio dan persepektif pelanggan dapat dikatakan bahwa rasio pada Koperasi Susu ?SAE? Pujon mengalami fluktuasi
Hasil pembahasan menunjukkan bahwa tingkat rasio likuiditas, tingkat rasio leverage dan rasio aktivitas berada dalam kondisi baik sedangkan untuk tingkat rasio profitabilitas mengalami penurunan. Kinerja non keuangna khususnya pelanggan sudah cukup baik walupun pada pertumbuhan pelanggan baru terjadi penurunan. Untuk mengatasi masalah ini disarankan agar pihak koperasi dapat meningkatkan penjualan dan memperbarui kualitas susu maupun pelanyanan terhadap pelanggan supaya dapat meningkatkan laba untuk tahun yang akan datang.

 

Keyword : rasio keuangan dan non keuangan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/138/jiptummpp-gdl-s1-2006-rimamarisa-6872-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


rasio keuangan dan non keuangan