ANALISIS RETURN ON INVESMENT (ROI) DAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) UNTUK MENILAI KINERJA MANAJEMEN PERUSAHAAN PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk.

Silvia Arie Wardhani

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Dengan judul ?ANALISIS RETURN ON INVESMENT (ROI) DAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) UNTUK MENILAI KINERJA MANAJEMEN PERUSAHAAN?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan, jika diukur dengan ROI dan EVA. Dan untuk mengetahui hasil kinerja keuangan perusahaan dengan menggunakan metode ROI dan EVA pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk.
Metode analisis data yang digunakan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan adalah dengan ROI dan EVA. Demikian juga untuk mengetahui hasil kinerja apakah kinerja keuangan perusahaan dinyatakan baik atau sebaliknya.
Hasil perhitungan dengan analisis ROI tahun 2001-2002 yang dicapai perusahaan mengalami kenaikan. Tahun 2001 ROI mencapai 13,09% dan tahun 2002 ROI mencapai 19,72%. Kenaikan tersebut disebabkan adanya pengaruh dari faktor internal perusahaan seperti laba, pendapatan dan investasi. Kenaikan itu juga menyebabkan pengembalian atas investasi yang ditanamkan mengalami kenaikan. Sedangkan hasil analisa EVA tahun 2001-2002 adalah sebesar Rp 1.423.844.200.000,- untuk tahun 2001 dan pada tahun 2002 EVA sebesar Rp 5.751.476.900.000,-. Kondisi EVA yang positif menunjukkan perusahaan mampu menciptakan nilai tambah ekonomis dan menunjukkan kinerja yang baik.
Dari hasil analisis diatas, ROI dan EVA sesuai dengan tolok ukur yang digunakan maka kinerja keuangan sama-sama baik ditunjukkan dengan hasil ROI dan EVA yang sama-sama mengalami kenaikan.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. dalam menilai kinerja keuangan perusahaan sebaiknya menggunakan beberapa metode analisis sehingga diharapkan akan banyak masukan dan pertimbangan untuk mencapai hasil yang maksimum.

 

Keyword : RETURN ON INVESMENT (ROI) DAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA)

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/138/jiptummpp-gdl-s1-2006-silviaarie-6886-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


RETURN ON INVESMENT (ROI); ECONOMIC VALUE ADDED (EVA)