PENERAPAN AKUNTANSI LINGKUNGAN PADA RSUD Dr. SAIFUL ANWAR MALANG

AZIMA AZIMA

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada RSUD Dr. Saiful Anwar Malang dengan judul "Penerapan Akuntansi Lingkungan Serta Penyajiannya dalam Laparan Keuangan pada RSUD Dr. Saiful Anwar Malang".
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan akuntansi lingkungan serta penyajiannya dalam laporan keuangan pada RSUD Dr. Saiful Anwar Malang.
Analisis permasalahan dilakukan dengan tahapan sebagai berikut: (1) mengumpulkan dan mengidentitikasi data mengenai biaya lingkungan dan komponen yang termasuk didalamnya (2) menganalisis mengenai biaya lingkungan (3) mengumpulkan informasi dan menganalisis mengenai penyajian biaya pengelolaan lingkungan dalam laporan keuangan.
Hasil yang diperoleh berdasarkan penelitian ini adalah penerapan akuntansi lingkungan di RSUD Dr. Saiful Anwar terkait dengan perlakuan aktiva yang digunakan dalam pengelolaan lingkungan berupa incenerator dan IPAL dalam pencatatan aktuntansinya dimasukkan pada rekening prasarana dan sarana umum dalam neraca. Sedangkan untuk anggaran biaya pengelolaan lin;kur.gan dimasukkan dmam rekening biaya prasarana dan sarana umum dalam laporan pendapatan penjualan jasa dan biaya. Selain itu, pihak RSUD Dr. Saiful Anwar tidak mengakui adanya pendapatan atas pengolahan limbah dan sampah medis atau infeksus dart dalam lingkungan RSUD Dr. Saiful Amwar.
Berdasarkan hasil analisis diatas, peneliti memberikan saran kepada RSUD Dr. Saifui Anwar. Seharusnya Incenerator dan IPAL dicatat dalam rekening tersendiri yaitu rekening inventaris peralatan dan mesin serta dilakukannya metode penyusutan pada mesin tersebut. Dan dalam penyaiian laporan pEndapatan penjualwn jasa dan biaya diharapkan rumah sakit mencantumkan biaya pengelolaan lingkungan, sehingga pihak ekstern mengetahui seberapa besar kepedulian rumah sakit terhadap lingkungan.

 

Keyword : Akuntansi Lingkungan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/138/jiptummpp-gdl-s1-2006-azima01620-6891-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Akuntansi Lingkungan