ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PT. KIMIA FARMA TBK. UNIT PRODUKSI WATUDAKON JOMBANG

Ratna Puspita Sandra Dewi

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. Kimia Farma. Tbk Unit Produksi Watudakon, Jombang, Jawa Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif yang melukiskan secara tepat suatu keadaan atau peristiwa yang ada.
Tujuan penelitian ini antara lain : 1. Untuk menganalisa bagaimana Sistem Informasi Akuntansi persediaan bahan baku yang telah diterapkan oleh PT. Kimia Farma. 2. menganalisa pengendalian intern terhadap pembelian persediaan bahan baku.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder bersumber dari PT. Kimia Farma. Teknik pengumpulan data dengan cara dokumentasi dan observasi.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1. Analisis Sistem Informasi Akuntansi persediaan bahan baku yang meliputi analisis masukan, analisi proses dan analisis keluaran. 2. analisis terhadap sistem penggendalian intern yang meliputi analisis struktur organisasi, sistem otorisasi, praktek yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing serta analisis karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawabnya.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa, Sistem Informasi Akuntansi persediaan bahan baku pada PT. Kimia Farma secara umum telah menghasilkan informasi yang cukup baik bagi perusahaan itu sendiri. Dilihat dari alir sistem pengadaan persediaan bahan baku yaitu terdapatnya unit kerja, fungsi permintaan pembelian, fungsi pembelian, fungsi penerimaan dan fungsi penyimpanan. Tetapi jika dilihat lebih teliti lagi masih ada kelemahan yang harus diperbaiki dalam sistem pembelian bahan baku agar lebih sempurna lagi.

 

Keyword : Sistem Informasi Akuntansi

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/138/jiptummpp-gdl-s1-2006-ratnapuspi-6895-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Sistem Informasi Akuntansi