ANALISIS PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA

RIA MUCHAROMAH

Abstract


Penelitian ini bersifat studi empiris pada perusahaan-perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta. Judul penelitian ini adalah ?Analisis Pengaruh Faktor Fundamental Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah faktor fundamental (DER, ROE, GPM, EPS, dan PER) berpengaruh signifikan terhadap harga saham secara simultan dan untuk menganalisis faktor mana yang paling dominan pengaruhnya terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur.
Dalam penelitian ini, penulis mengambil dua hipotesis yaitu: bahwa di duga faktor fundamental yang terdiri dari DER, ROE, GPM, EPS, dan PER merupakan variabel yang mempunyai pengaruh signifikan secara simultan terhadap harga saham; dan dari kelima variabel tersebut di duga variabel EPS merupakan variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap harga saham.
Alat analisis yang digunakan untuk menganalisis apakah faktor fundamental berpengaruh terhadap harga saham secara simultan adalah menggunakan uji F, dan untuk menganalisis faktor mana yang dominan pengaruhnya terhadap harga saham menggunakan uji t. Untuk menentukan apakah faktor fundamental berpengaruh terhadap harga saham secara simultan adalah jika F hitung > F tabel atau tingkat signifikansi <α (5%), sedangkan untuk menentukan variabel mana yang dominan pengaruhnya terhadap harga saham adalah jika t hitung > t tabel atau tingkat signifikansi <α (5%).
Hasil penelitian dengan menggunakan uji F dapat disimpulkan bahwa secara simultan faktor fundamental yaitu DER, ROE, GPM, EPS, dam PER berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel EPS dan PER yang berpengaruh signifikan secara parsial sedangkan variabel DER, ROE dan GPM tidak berpengaruh signifikan. Variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap harga saham adalah EPS. Dengan demikian, hasil ini menerima dua hipotesis yang dirumuskan.
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya investor memperhatikan variabel EPS tetapi juga harus memperhatikan variabel lain seperti variabel yang mempengaruhi tingkat profitabilitas, likuiditas dan variabel yang termasuk dalam faktor internal serta faktor eksternal. Sedangkan bagi manajemen perusahaan, sebaiknya manajemen lebih memperhatikan variabel EPS dan PER dalam meningkatkan harga saham tetapi juga harus memperbaiki faktor-faktor atau variabel-variabel yang hasil analisisnya masih tidak terlalu baik agar nantinya mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham dan dapat dijadikan bahan pertimbangan investor untuk menanamkan modalnya.

 

Keyword : HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/237/jiptummpp-gdl-s1-2008-riamucharo-11835-1.+PENDA-N.pdf


Keywords


HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR