PERBEDAAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM DAN VARIABILITAS TINGKAT KEUNTUNGAN SAHAM SEBELUM DAN SETELAH AKUISISI PADA PERUSAHAAN YANG LISTING DI BURSA EFEK JAKARTA

Riris Megasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perbedaan volume perdagangan saham (Trading Volume Activity) dan variabilitas tingkat keuntungan saham (Security Return Variability) yang terjadi di Bursa Efek Jakarta (BEJ) sebelum dan sesudah akuisisi. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang melakukan akuisisi di BEJ pada tahun 2000 sampai 2002. Sampel penelitian berjumlah 11 perusahaan dengan periode penelitian 5 hari sebelum dan 5 hari sesudah akuisisi.
Metode penelitian yang digunakan adalah study event dengan data sekunder yaitu penelitian berdasarkan data-data yang sudah ada di Bursa Efek Jakarta meliputi jumlah saham yang diperdagangkan, jumlah saham yang beredar, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), harga saham individu perusahaan selama periode penelitian, data akuisisi, dan Suku Bunga Bank Indonesia. Penelitian ini menggunakan alat uji Kolmogorov-Smirnov untuk mengetahui normalitas datanya. Uji paired sample t-test untuk menentukan hasil penelitian dan Wilcoxon signed ranks test.
Hasil penelitian untuk volume perdagangan saham secara umum menunjukkan tidak terdapat perbedaan tingkat volume perdagangan saham 5 hari sebelum dan 5 hari sesudah akuisisi. Sedangkan hasil penelitian pada variabilitas tingkat keuntungan saham secara umum juga menunjukkan tidak terdapat perbedaan variabilitas tingkat keuntungan saham 5 hari sebelum dan 5 hari sesudah akuisisi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan volume perdagangan saham dan variabilitas tingkat keuntungan saham 5 hari sebelum dan 5 hari sesudah pengumuman akuisisi.

 

Keyword : volume perdagangan saham, variabilitas tingkat keuntungan saham, IHSG, harga saham, akuisisi

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/237/jiptummpp-gdl-s1-2008-rirismegas-11836-1.+PENDA-N.pdf


Keywords


volume perdagangan saham; variabilitas tingkat keuntungan saham; IHSG; harga saham; akuisisi