PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PT. BANK SYARIAH MUAMALAT INDONESIA, Tbk. DENGAN PT. BANK SYARIAH MANDIRI DALAM MENCAPAI STANDAR PREDIKAT TINGKAT KESEHATAN BANK

Muhadi Awaludin

Abstract


Penelitian ini merupakan deskriptif dan komparatif Bank Syariah yang terpublikasi di Pojok Bursa Efek Jakarta (BEJ) UMM Malang selama periode tahun 2003 sampai tahun 2005 dengan judul ?PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PT. BANK SYARIAH MUAMALAT INDONESIA, Tbk. DENGAN PT. BANK SYARIAH MANDIRI DALAM MENCAPAI STANDAR PREDIKAT TINGKAT KESEHATAN BANK?.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui kondisi kinerja keuangan PT. Bank Syariah Muamalat Indonesia, Tbk dan PT. Bank Syariah serta membandingkan kinerja keuangan dari kedua bank tersebut.
Alat analisa yang dipergunakan untuk menganalisa dan membandingkan kinerja keuangan dari kedua Bank Syariah tersebut adalah dengan aspek CAMEL yaitu : Analisa Permodalan (CAR), Analisa Kualitas Aktiva Produktif (KAP), Analisa Earning dan Analisa Likuiditas.
Hasil perhitungan yang diperoleh menunjukkan bahwa dilihat dari tingkat permodalan, PT. Bank Syariah Muamalat Indonesia, Tbk pada tahun 2003 sebesar 12,91 %, pada tahun 2004 turun menjadi 8,09 %, dan pada tahun 2005 CAR naik menjadi 12,56 %. Sedangkan perhitungan pada PT. Bank Syariah Mandiri dari aspek CAR menunjukkan pada tahun 2003, CAR sebesar 20 % dan mengalami penurunan pada tahun 2004 menjadi 10,13 %, pada tahun 2005 mengalami peningkatan rasio permodalan menjadi 10,65 %.
Kesimpulan dari hasil perhitungan rasio permodalan menunjukkan persentase yang dicapai sudah melebihi dari 8 % dan layak disebut bank ?sehat? berdasarkan SKEP DIR-BI No. 30/UPPB/1997 jo SE No. 30/23/UPPB/1998.
Implikasi yang dapat disampaikan adalah pihak bank sebaiknya untuk mengevaluasi kembali dalam menentukan aktiva produktif yang bermasalah dan pembentukan penyisihan penghapusan aktiva produktif, begitu juga dengan kredit yang bermasalah dan pembiayaan-pembiayaannya.

 

Keyword : kinerja keuangan, CAMEL, perbandingan, perbankan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/239/jiptummpp-gdl-s1-2008-muhadiawal-11939-01.+PEND-N.pdf


Keywords


kinerja keuangan; CAMEL; perbandingan; perbankan