AUDIT OPERASIONAL UNTUK MENILAI EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI FUNGSI PENJUALAN PADA PERUSAHAAN TIGASISI MALANG

Wahyu Tejo Laksono

Abstract


Persaingan bisnis cenderung semakin kompetitif di era globalisasi. Persaingan tersebut semestinya mendorong setiap perusahaan untuk memperbaiki manajemen supaya kegiatan operasionalnya menjadi lebih efisien dan efektif. Setiap perusahaan mempunyai tujuan untuk mencapai kinerjanya sesuai dengan target yang telah direncanakan. Untuk mencapai tujuan itu perusahaan perlu dikelola secara efektif dan efisien. Efektif mengarah pada do the right thing dan efisien mengarah pada do the thing right. Selain itu perlu juga di dukung adanya manajemen yang baik dalam pemasaran produk.
Efektifitas berkaitan dengan tujuan, artinya perusahaan bisa memanfaatkan sumber daya manusia yang ada untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu pencapaian target penjualan. Sedangkan efisiensi dalam hal ini berkaitan dengan seberapa besar biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam pencapaian tujuannya itu. Untuk mengatasi kelemahan yang ada, maka diperlukan suatu alat yang dapat mendeteksi kelemahan yang bisa menghambat tujuan perusahaan atau bisa juga digunakan untuk mencari peluang dalam membangun penyempurnaan perusahaan. Alat bantu tersebut adalah audit operasional yang selain dimaksudkan untuk menilai efisiens dan efektifitas juga dipakai sebagai alat untuk memonitor jalannya perusahaan.
Audit operasional adalah pemeriksaan yang bertujuan untuk mengkaji dan menilai prosedur operasi dan efisiensi manajemen dari suatu perusahaan atau bagian perusahaan. Audit operasional ini digunakan untuk mengidentifikasi berbagai aktifitas yang mencakup evaluasi atas kinerja manajemen, sistem perencanaan dan pengendalian mutu yang dikembangkan manajemen, serta aktivitas dan departemen operasi tertentu. Jenis auditing ini berkaitan dengan operasi non keuangan suatu entitas.
Perusahaan dalam hal ini mempunyai tujuan, yaitu merealisasikan anggaran yang dibuat. Pencapaian tujuan ini memerlukan suatu rencana, baik rencana jangka panjang maupun jangka pendek dan harus didukung dengan budget yang dimiliki perusahaan. Untuk merealisasikan anggaran, perusahaan harus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja pada fungsi penjualan. Evaluasi ini dapat dilakukan salah satunya dengan audit operasional, yang bertujuan untuk mengukur kinerja fungsi penjualan perusahaan dalam merealisasikan anggaran.
Seorang auditor dalam perusahaan dapat membantu perusahaan untuk menemukan kekurangan yang dimiliki dalam manajemen suatu perusahaan. Pemeriksaan manajemen merupakan suatu penilaian organisasi manajerial dan efisiensi dari perusahaan, departemen, atau setiap entitas dan subentitas yang dapat diaudit. Penekanannya adalah untuk mencapai efisiensi yang lebih besar, efektifitas dan ekonomisasi dalam usaha.
Perusahaan yang akan diteliti oleh peneliti termasuk dalam kategori perusahaan jasa karena perusahaan ini menghasilkan produk berupa pamflet, papan nama, neon box, spanduk, dan lain lain. Banyak perusahaan pesaing yang bergerak dalam bidang yang sama. Peneliti mengambil perusahaan ini sebagai obyek penelitian karena ingin mengetahui kinerja fungsi penjualannya dalam merealisasikan anggaran penjualan.
Berdasarkan hal diatas dapatlah diketahui bahwa pemeriksaan efisiensi dan efektifitas sangat diperlukan dalam membantu manajemen untuk menjalankan perusahaan yang dipimpin. Salah satu parameter yang dipakai untuk menilai tingkat efektifitas dan efisiensi adalah dengan memanfaatkan audit operasional.
Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk mengambil judul ?Audit Operasional untuk Menilai Efektifitas dan Efisiensi Fungsi Penjualan pada Perusahaan Advertising Tiga Sisi Malang?

 

Keyword : AUDIT OPERASIONAL

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/244/jiptummpp-gdl-s1-2008-wahyutejol-12160-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


AUDIT OPERASIONAL