Department of Accounting, 2003

Font Size:  Small  Medium  Large   Print Page

ANALISIS CAPITAL BUDGETING SEBAGAI ALAT BANTU DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI AKTIVA TETAP PADA PERUSAHAAN KECAP CAP "SAWI" KEDIRI

Hardi Sanyoto

Abstract


Investasi dalam aktiva tetap diperlukan untuk dapat meningkatkan produktifitas dan mengambil manfaat kemajuan teknologi. Penanaman investasi aktiva tetap untuk penambahan kapasitas cukup memberikan harapan baik untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar di masa yang akan datang.Investasi aktiva tetap yang bernilai cukup besar mempunyai konsekuensi tidak diemukan dalam pengeluaran sehari-hari perusahaan. Dana yang dikeluarkan untuk belanja pengadaan aktiva tetap memakan waktu lama. Pada dasarnya tujuan investasi adalah untuk memperoleh manfaat baik keuangan maupun non keuangan di kemudian hari. Sebelum melakukan investasi, setiap perusahaan harus melakukan study kelayakan agar investasi yang dilakukan berjalan dengan baik. Tetapi tidak dapat dipungkiri, bahwa study kelayakan memerlukan waktu yang lama serta biaya dan tenaga yang cukup besar.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan analisis capital budgeting dalam pengambilan keputusan investasi aktiva tetap dan untuk mengetahui layak tidaknya keputusan investasi aktiva tetap dengan menggunakan capital budgeting.
Berdasarkan penelitian di perusahaan kecap cap ?SAWI? Kediri mengalami masalah yang tidak terpenuhinya jumlah permintaan karena jumlah kapasitas mesin yang ada sudah mencapai maksimal sehinggaa menyebabkan penyimpangan yang terjadi antara jumlah permintaan dengan realisasinya yang setiaap tahun semakin meningkat. Dengan permasalahan teersebut maka perrusaan akan mengambil kebijakan dengan membeli mesin blowing/cleaner, mesin pencampur, pemanas, mesin fermentasi, mesin moler, messin penyaring, mesin penutup botol, dengan harapan dapat menambah kapasitas produksi dan dapat menambah kapasitas produksi dan dapat memenuhi permintaan yang ada.
Dengan menggunakan metode analisis inversi capital budgeting, maka di peroleh hasil net present volue yaitu 83.687.991 yang berarti penambahan inversi tersebut menguntungkan, benefit cash ration sebesar 1.06, pay back period selama 2 tahun 6 bulan. Berarti investasi dapat dilunasi sebelum jatuh tempo 3 tahun dan internal rate of return sebesar 64,18% lebih besaar dari pada COC nya yaitu 10,5%. Dari hasil perhitungan tersebut, maka usulan investasi layak untuk dilaksanakan.


Abstract: PDF , PS , DOC