EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT DAN PENERIMAAN ANGSURAN PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) ?DELTA MAKMUR? SIDOARJO

Dian Novitasari

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif pada KPRI ?Delta Makmur? Sidoarjo dengan judul ?Analisis Sistem Pengendalian Intern Atas Prosedur Pemberian Kredit dan Penerimaan Angsuran Pada KPRI ?Delta Makmur? Sidoarjo?.
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis sistem pengendalian intern atas prosedur pemberian kredit dan penerimaan angsuran yang ada pada KPRI ?Delta Makmur? Sidoarjo, serta memberikan saran untuk membantu atas permasalahan yang ada.
Penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis yang digunakan berdasarkan tahapan elemen sistem pengendalian intern yang meliputi struktur organisasi yang memisahkan tanggung jawab fungsional secara tegas, prosedur pemberian kredit dan penerimaan angsuran sesuai dengan sistem pengendalian intern yang baik, praktek yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi setiap unit organisasi, karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawabnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern atas prosedur pemberian kredit dan penerimaan angsuran dalam struktur organisasi sudah layak, sistem dan prosedur pemberian kredit dan penerimaan angsuran sudah dilaksanakan berdasarkan ketetapan yang ada, namun masih ada kekurangan, praktek yang sehat telah dilaksanakan, serta telah dilaksanakan penerimaan karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawabnya.
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis menyarankan meningkatkan pengawasan intern terhadap aktivitas operasional, agar tidak menyimpang dari peraturan yang telah ditetapkan perusahaan, lebih meningkatkan praktek yang sehat, serta meningkatkan kualitas karyawan.

 

Keyword : PENGENDALIAN INTERN ATAS PROSEDUR

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/244/jiptummpp-gdl-s1-2008-diannovita-12193-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


PENGENDALIAN INTERN ATAS PROSEDUR