PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO (DER), EARNING PER SHARE (EPS), RETURN ON EQUITY (ROE), DAN RETURN ON INVESTMENT (ROI) TERHADAP HARGA SAHAM YANG TERGABUNG DALAM INDEKS LQ45 DI BURSA EFEK JAKARTA

MAMIK RAHMAWATI

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas dengan judul ? Pengaruh Debt To Equity Ratio (DER), Earning Per share (EPS), Return On Equity (ROE), dan Return On Investment (ROI) Terhadap Harga Saham yang Tergabung Dalam Indeks LQ-45 di Bursa Efek Jakarta ?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh Debt To Equity Ratio (DER), Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE), dan Return On Investment (ROI) baik secara simultan maupun secara parsial terhadap harga saham yang tergabung dalam indeks LQ-45 di Bursa Efek Jakarta.
Dalam penelitian ini, penulis mengambil dua hipotesis, yaitu : bahwa DER, EPS, ROE, dan ROI berpengaruh signifikan terhadap harga saham serta bahwa EPS memiliki pengaruh yang dominan terhadap harga saham.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui bagaimana pengaruh DER, EPS, ROE, dan ROI terhadap harga saham adalah dengan menggunakan uji statistik yaitu analisis regresi. Sedangkan uji hipotesis yang digunakan adalah uji F (untuk mengetahui pengaruh DER, EPS, ROE, dan ROI secara simultan terhadap harga saham) dan uji t ( untuk mengetahui pengaruh DER, EPS, ROE, dan ROI secara parsial terhadap harga saham).
Berdasarkan analisis yang dilakukan, secara simultan atau bersama-sama DER, EPS, ROE, dan ROI berpengaruh signifikan terhadap harga saham karena Fhitung lebih besar dari Ftabel (19,987 > 2,53). Secara parsial hanya DER dan EPS berpengaruh signifikan terhadap harga saham karena thitung lebih besar dari ttabel (-2,7 ; 5,634 > 1,645) sedangkan ROE dan ROI tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham (-1,206 ; 0,297 < 1,645). Dari keempat variabel bebas (DER, EPS, ROE, dan ROI), variabel EPS memiliki pengaruh yang dominan terhadap harga saham karena memiliki thitung yang terbesar dibanding dengan variabel DER, ROE, dan ROI (5,634 > -2,7 ;-1.209 ; 0,297).

 

Keyword : PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO (DER)

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/246/jiptummpp-gdl-s1-2008-mamikrahma-12289-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO