ANALISIS ATAS STRUKTUR PENGENDALIAN INTERN PERSEDIAAN OBAT-OBATAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SAMPANG

Choirul Anwar

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Rumah Sakit Umum Daerah Sampang dengan judul ?Analisis Atas Struktur Pengendalian Intern Persediaan Obat-obatan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Sampang?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan sistem pengendalian intern atas Persediaan Obat-obatan Pada RSUD Sampang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh pihak pengelola RSUD Sampang.
Dalam menyelesaikan penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif, yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut: mengevaluasi sistem pengendalian intern yang dikaitkan dengan elemen-elemen dari sistem pengendalian intern itu sendiri yaitu: struktur organisasi, sistem wewenang dan analisa prosedur pencatatan obat, analisa prosedur pembelian obat, analisa prosedur penerimaan obat, analisa pengeluaran obat, praktik kerja yang sehat, kualitas karyawan yang sesuai dengan bidangnya.
Dari hasil penelitian yang dilakukan,peneliti menyimpulkan bahwa stuktur organisasi dan sistem wewenang pada RSUD Sampang secara umum sudah terbagi dengan jelas antara fungsi-fungsi yang ada dengan tugas yang dimiliki oleh masing-masing fungsi terkait. Perekrutan karyawan menggunakan seleksi masuk serta syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon karyawan. Bentuk dari kartu persediaan obat dan formulir penerimaan obat masih perlu disempurnakan misalnya masih belum adanya daftar permintaan obat (DPO) dari bagian logistik keunit farmasi, sebagai bagian dari bukti pembelian obat, demikian juga dalam pendistribusiannya. Ini diharapkan agar dapat dilakukan supaya operasional tetap barjalan dengan baik.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis menyarankan adanya pemeriksaan secara mendadak sebaiknya lebih sering dilakukan oleh pihak management RSUD untuk meningkatkan tanggungjawab tiap fungsi yang ada. Bentuk formulir dapat disempurnakan agar memudahkan pengawasan dan pengendalian antara lain perlu direalisasikan adanya daftar penerimaan dan pengeluaran obat lengkap dengan nomor urut tercetak dan distribusinya. Lebih baik dilakukan dengan lengkap sehingga tercipta suasana saling mengawasi satu dengan yang lain.

 

Keyword : Ketersediaan Obat Pada Rumah Sakit

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/247/jiptummpp-gdl-s1-2008-choirulanw-12341-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Ketersediaan Obat Pada Rumah Sakit