SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PUNGUTAN RETRIBUSI PASAR DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH ( Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Batu )

AZIS SALEH

Abstract


Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif, yaitu penulis memaparkan dan melaporkan tempat yang penulis teliti pada Kantor Dinas Pendapatan Daerah Kota Batu dengan judul ?Sistem Pengendalian Intern terhadap Pungutan Retribusi Pasar Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Dinas Pendapatan Daerah Kota Batu?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana system pengendalian intern sudah diterapkan terhadap pungutan retribusi pasar sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah serta untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat menunjang keberhasilan system pengendalian terhadap peungutan retribusi pasar dan untuk mengetahui apakah pelaksanaan pemungutan retribusi sudah efektif.
Analisa yang digunakan adalah analisa kualitatf berupa analisis system pengendalian intern yang meliputi analisis struktur organisasi yang memisahkan tanggung jawab fungsional secara tepat, analisis system wewenang dan prosedur pencatatan, analisis praktek yang sehat dalam melaksanakan tugas sesuai dengan fungsi setiap bagian organisasi dan analisis kecakapan pegawai sesuai dengan tanggung jawabnya serta analisa kuantitatif yang mengukur tingkat efektifitas penerimaan retribusi dengan membandingkan target dan realisasi penerimaan retribusi.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah system pengendalian intern yang dilaksanakan oleh dinas pendapatan daerah kota Batu dapat dikatakan telah dilaksanakan dengan baik. Sedangkan untuk analisis efektifitas dapat dikatakan tidak efektif karena tidak memenuhi target yang dicanangkan. Karena, hal ini disebabkan oleh kenaikan target retribusi tanpa adanya kenaikan tarif pada obyek retribusi.

 

Keyword : Retribusi, Pendapatan Asli Daerah

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/239/jiptummpp-gdl-s1-2008-azissaleh0-11938-01.+PEND-N.PDF


Keywords


Retribusi; Pendapatan Asli Daerah