ANALISIS KOMPARATIF KINERJA KEUANGAN JIKA DIUKUR DENGAN METODE ROI (RETURN ON INVESTMENT) PADA PERUSAHAAN KOSMETIK YANG LISTING DI BEJ (BURSA EFEK JAKARTA)

Ratih Candra Dewi

Abstract


Penelitian berjudul ?Analisis Komparatif Kinerja Keuangan Jika Diukur dengan Metode ROI (Return On Investment) pada Perusahaan Kosmetik yang Listing di BEJ (Bursa Efek Jakarta)?, merupakan penelitian yang membandingkan kinerja keuangan perusahaan kosmetik yang listing di BEJ yaitu PT Mandom Indonesia Tbk, PT Mustika Ratu Tbk, dan PT Unilever Indonesia Tbk.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan masing-masing perusahaan kosmetik jika diukur dengan metode ROI dan perusahaan manakah yang mempunyai kinerja keuangan paling baik jika diukur dengan metode ROI.
Analisis yang digunakan untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan perusahaan kosmetik yang lisiting di BEJ adalah dengan analisis perhitungan profit margin, analisis perhitungan total asset turnover, analisis perhitungan ROI serta mencari nilai rata-rata industri ketiga perusahaan kosmetik tersebut sehingga dapat diketahui posisi masing-masing perusahaan dari rata-rata industrinya. Hasil analisis menunjukkan bahwa PT Mandom Indonesia Tbk berada dibawah rata-rata industri, begitu juga dengan PT Mustika Ratu Tbk. Sedangkan PT Unilever Indonesia Tbk berada diatas rata-rata industri. Dengan posisi seperti itu, PT Unilever Indonesia Tbk memiliki kinerja keuangan yang paling baik diantara ketiga perusahaan kosmetik yang listing di BEJ.

 

Keyword : KINERJA KEUANGAN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/230/jiptummpp-gdl-s1-2007-ratihcandr-11490-1.+PENDA-N.pdf


Keywords


KINERJA KEUANGAN