ANALISIS EFEKTIVITAS PEMUNGUTAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN BOJONEGORO

Syofia Ratih Hidayati

Abstract



Penelitian ini merupakan studi kasus pada Kantor Dispenda Kabupaten Bojonegoro dengan judul ANALISIS EFEKTIVITAS PEMUNGUTAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN BOJONEGORO.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat efektivitas dalam pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Periode 2004-2006.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan Data Sekunder dan Teknik pengumpulan datanya menggunakan Metode Dokumentasi setelah data dikumpulkan selanjutnya menganalisis data, adapun data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah struktur organisasi Dispenda Kabupaten Bojonegoro, sistem pelaksanaan dan prosedur pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan, jumlah pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan, jumlah pengembalian Surat Pemberitahuan Obyek Pajak dan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang, menganalisis data tentang jumlah Tunggakan Pajak Bumi dan Bangunan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam Struktur Organisasi Dispenda terdapat dua (2) jabatan struktural yang kosong, kekosongan itu diisi dengan cara mengoptimalkan kinerja para staf yang ada, sistem prosedur pemungutan PBB yang dilakukan oleh petugas pemunggut yaitu menggunakan prosedur pendataan dan pendaftaran, prosedur pembayaran, prosedur penyetoran, prosedur pelaporan, dan prosedur penagihan. Analisis jumlah pembayarn PBB dengan melihat ketetapan dan realisasi SPPT, dalam pengembalian SPPT belum dikatakan patuh karena masih ada WP yang tidak mengembalikan SPPT sesuai ketetapan. Dalam jumlah pengembalian SPOP tiga (3) tahun terakhir mengalami penurunan dari tahun 2004-2006, yang paling terendah dalam pengembalian SPOP yaitu pada tahun 2006. Tingkat kepatuhan WP dalam pembayaran tunngakan PBB masih belum patuh karena tunggakan pajak masih banyak yang belum tertagih.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis menyarankan agar struktur organisasi Dispenda Kota Bojonegoro sebagai instansi pengelolaan PBB perlu dibenahi tugas dan fungsi serta tanggung jawab aparat yang ada didalamnya dan juga kekosongan jabatan segera diisi untuk mengefektifkan sistem kerja dan pemungutan PBB. Tim Intesifikasi PBB perlu mengadakan penagihan secara rutin ke kecamatan-kecamatan dalam pemungutan PBB, serta memberi Sosialisasi tentang PBB kepada WP/Masyarakat yang belum mengerti tentang PBB.

 

Keyword : Effectivitas, Pemunggutan, PBB

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/246/jiptummpp-gdl-s1-2008-syofiarati-12295-01+-+Pen-n.PDF


Keywords


Effectivitas; Pemunggutan; PBB