ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII)

Robby Indra Sasongko

Abstract


Pada dasarnya, tujuan analisis kinerja keuangan adalah untuk mengetahui kinerja yang telah dicapai perusahaan yang digambarkan melalui laporan keuangan perusahaan maupun harga sahamnya. Harga saham suatu perusahaan menunjukkan nilai penyertaan dalam perusahaan. Harga saham dapat dikatakan sebagai indikator pengelolaan perusahaan karena mampu menciptakan kekuatan pasar yang timbul dari transaksi perdagangan saham perusahaan di pasar modal. Transaksi yang terjadi didasarkan pada hasil pengamatan para investor terhadap prestasi perusahaan dalam menghasilkan keuntungan atau tingkat pengembalian (return).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara simultan ataupun parsial dari Return on Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Price to Book Value (PBV) terhadap return saham perusahaan yang termasuk dalam kategori Jakarta Islamic Index di Bursa Efek Jakarta. Penelitian dilakukan selama periode 2004-2006 untuk mendapatkan jumlah sampel yang cukup representatif.
Dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, hasil pengujian secara simultan berhasil menemukan bukti adanya pengaruh signifikan ROE, EPS, PER, dan PBV terhadap return saham. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan adanya pengaruh signifikan EPS dan PER terhadap return saham. Hasil pengujian terhadap dua variabel lain yaitu ROE dan PBV tidak menunjukkan adanya arah pengaruh yang cukup signifikan.

 

Keyword : kinerja keuangan, return saham, Jakarta Islamic Index (JII).

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/239/jiptummpp-gdl-s1-2008-robbyindra-11928-1.+PENDA-N.pdf


Keywords


kinerja keuangan; return saham; Jakarta Islamic Index (JII)