ANALISIS COST VOLUME PROFIT SEBAGAI DASAR PERENCANAAN LABA PADA PRODUK OLAHAN ALTERNATIF KERIPIK SINGKONG RASA UDANG (Studi Pada Sentra Industri Kecil Keripik Singkong Di Desa Mojorejo Kota Batu Malang Jawa Timur)

ANIK AGUSTIN

Abstract


Penelitian ini dilakukan atas dasar pemikiran bahwa home industry yang memproduksi keripik singkong dengan diversifikasi rasa baru yakni udang mempunyai contribusi margin (laba) lebih tinggi yakni sebesar 57,6% dari penjualan dibandingkan dengan memproduksi olahan keripik singkong orsinil tanpa diversifikasi rasa yng hanya mencapai 46,4% dari penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan laba dengan Cost Volume Profit pada produk olahan keripik singkong dengan diversifikasi rasa baru.
Periode pengamatan yang diteliti adalah pada tahun 2006 selama 12 bulan yakni dimulai bulan Januari sampai dengan bulan Desember. Data penelitian yang digunakan adalah data sejarah dan perkembangan home industry, data mengenai produk dan daerah pemasaran, data biaya produksi dan biaya operasional, data produksi dan data penjualan.
Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Cost Volume Profit sebagai dasar perencanaan laba dengan cara mengklasifikasikan biaya kedalam biaya tetap dan biaya variabel. Sedangkan yang digunakan untuk memisahkan biaya yakni dengan menggunakan metode kuadrat terkecil (least square method) kemudian menentukan break even point (BEP) dan Margin of Safety (MOS) dengan tujuan untuk dapat mengetahui titik impas dan juga untuk mengetahui batas aman agar home industry tidak mengalami kerugian.

 

Keyword : analisis cost volume profit, perencanaan laba, produk olahan alternatif kripik singkong udang

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/271/jiptummpp-gdl-s1-2008-anikagusti-13549-pendahul-n.pdf


Keywords


analisis cost volume profit; perencanaan laba; produk olahan alternatif kripik singkong udang