ANALISIS PENGENDALIAN BIAYA TENAGA KERJA PADA BAGIAN PRODUKSI PT. PESONA REMAJA INDUSTRI MALANG

ANNAKUN NURJANATI

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang bergerak dibidang usaha konveksi, dengan judul ?Analisis Pengendalian Biaya Tenaga Kerja Langsung pada Bagian Produksi PT. Pesona Remaja Industri Malang?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengendalian biaya tenaga kerja langsung pada PT. Pesona Remaja Industri Malang sudah efisien atau belum.
Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus yang bersifat deskriptif kuantitatif dengan sumber data sekunder dan analisa yang digunakan untuk mengetahui pengendalian biaya tenaga kerja langsung adalah analisa varian, tolok ukur untuk menentukan bahwa pengendalian biaya tenaga kerja langsung pada PT. Pesona Remaja Industri Malang telah efektif atau belum.
Hasil perhitungan dengan analisa varian ini ternyata menunjukkan bahwa pengendalian biaya tenaga kerja langsung pada PT. Pesona Remaja Industri Malang ini belum efektif sehingga berpengaruh pada tingkat efisiensi biaya produksi. Ini terbukti dengan adanya penyimpangan-penyimpangan biaya tenaga kerja langsung selama tahun 2004, tahun 2005 dan tahun 2006. Penyimpangan ini terjadi karena beberapa faktor antara lain: penentuan tarif upah selisihnya cukup tinggi dari upah minimum regional (UMR), tenaga kerja langsung tidak melakukan pekerjaan dengan tepat, kurangnya pengawasan yang menyebabkan adanya waktu menganggur.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa untuk kepentingan pengendalian biaya tenaga kerja langsung sebaiknya perusahaan mengadakan analisis terhadap faktor-faktor penyebab selisih yang tidak menguntungkan, sehingga dapat diambil langkah-langkah koreksi yang menguntungkan bagi perusahaan. Tenaga teknisi sebaiknya memeriksa mesin dan peralatan yang digunakan dalam proses produksi apakah masih layak dipakai atau tidak mengalami kerusakan, sehingga dalam proses produksi, mampu menghasilkan unit produk sesuai dengan target produksi yang telah ditetapkan, serta memberikan training terhadap tenaga kerja khususnya tenaga kerja teknisi. Dan lebih meningkatkan pemantauan langsung terhadap aktivitas pekerja (pengawasan yang lebih) menegakkan disiplin kerja dan melakukan motivasi terhadap karyawan.

 

Keyword : Biaya Tenaga Kerja Langsung

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/207/jiptummpp-gdl-s1-2007-annakunnur-10326-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Biaya Tenaga Kerja Langsung