ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA KOPERASI PEGAWAI NEGERI (KP-RI) "KARTIKA" KEDIRI

Moch. Misbahul Ngulum

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat eksploratif maksudnya adalah penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan pada koperasi pegawai negeri Republik Indonesia (KP-RI) ?KARTIKA? Kediri dengan judul : Analisa Kinerja Keuangan Pada Koperasi Pegawai Negeri (KP-RI) ?KARTIKA? Kediri.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perkembangan kinerja keuangan (KP-RI) ?KARTIKA? Kediri. Ditinjau dari Keputusan Menteri Negara KUKM No. 129/Kep/M.KUKM/XI/2002.
Alat analisa yang digunakan adalah rasio keuangan menurut Keputusan Menteri Negara KUKM No. 129/Kep/M.KUKM/XI/2002. yaitu Rasio Rentabilitas Modal Sendiri (RMS), Return On Asset (ROA), Asset Turn Over (ATO), Profitabilitas, Likuiditas, Solvabilitas, dan Equity terhadap Hutang (ETH).
Dari hasil analisa, untuk Rasio RMS rata-rata sebesar 3,80% dengan klasifikasi Kurang Baik, untuk ROA rata-rata sebesar 1,44% dengan klasifikasi Kurang Baik, Rata-rata ATO adalah sebesar 0,13 kali diklasifikasikan Tidak Baik, untuk rata-rata profitabilitas sebesar 10,72% dengan klasifikasi Baik sedangkan rata-rata rasio likuiditas sebesar 435,56% dengan klasifikasi Kurang Baik, untuk rata-rata rasio solvabilitas sebesar 162,64% dan diklasifikasikan Kurang Baik, dan untuk rasio ETH rata-rata sebesar 62,64% dengan klasifikasi Sangat Baik.
Berdasarkan hasil analisa dapat dikatakan, hanya dua dari tujuh rasio yang diklasifikasikan Baik (28,65%), dan lima dari tujuh rasio yang kasifikasinya Kurang Baik (71,35%).
Dari kesimpulan tadi maka penulis dapat menyarankan agar pengelola dan pengurus koperasi untuk meningkatkan kinerja keuangan ke tingkat yang lebih baik.

 

Keyword : KINERJA, KEUANGAN PADA KOPERASI

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/207/jiptummpp-gdl-s1-2007-mochmisbah-10328-Pendahul-n.pdf


Keywords


KINERJA; KEUANGAN PADA KOPERASI