PENERAPAN TARGET COSTING DALAM PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI (Studi pada PT. Citra Prima Selaras Lamongan)

Yuliani Ningsih

Abstract


PT. Citra Prima Selaras adalah perusahaan yang bergerak di bidang usaha real estate, ruko, dan perdagangan umum. Penulisan ini merupakan studi kasus pada PT. Citra Prima Selaras Lamongan dengan judul ?Penerapan Target Costing Dalam Pengendalian Biaya Produksi?.
Target costing merupakan suatu proses untuk menentukan target harga jual dan target laba dimuka yang diinginkan untuk mengembangkan suatu model produk tertentu yang akan dijual perusahaan. Dalam proses produksi, biaya produksi merupakan salah satu unsur yang penting. Terkendalinya biaya produksi ini akan mempengaruhi keberhasilan dari pengendalian produk keseluruhan.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan target costing sebagai alat pengendalian biaya produksi pada PT. Citra Prima Selaras Lamongan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik analisis kuantitatif. Rumus-rumus yang digunakan antara lain adalah menghitung harga jual, total biaya produksi dan target costing.
Hasil penelitian ditemukan bahwa harga jual target yang diharapkan PT. Citra Prima Selaras untuk rumah tipe 36/84 adalah Rp 48.000.000,00, harga tersebut berdasarkan harga jual pasar dan laba target yang diharapkan adalah 15,59%. biaya produksi rumah tipe 36/84 sebesar Rp 42.407.604 dan target costing sebesar Rp 41.387.604. Setelah dilakukan pengurangan biaya bahan baku dan upah tenaga kerja maka biaya produksi menjadi Rp 41.373.000.
Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa target costing pada PT. Citra Prima Selaras bisa diterapkan dengan mengevaluasi dan mengurangi biaya bahan baku dan tenaga kerja. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka penulis dapat mengimplikasikan bahwa diharapkan PT. Citra Prima Selaras mampu memproduksi rumah yang berbiaya rendah namun kualitas tetap sama dengan desain yang baik dan harga jual yang kompetitiv, sehingga mampu menjangkau konsumen kelas menengah.

 

Keyword : Target Costing, Biaya, Produksi, Harga, Bahan baku

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/207/jiptummpp-gdl-s1-2007-yulianinin-10331-pendahul-n.pdf


Keywords


Target Costing; Biaya; Produksi; Harga; Bahan baku