ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PT.TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk DAN PT. INDONESIAN SATELIT CORPORATION Tbk

Indra Sofian EWidodo

Abstract


Analisis laporan keuangan perusahaan pada dasarnya merupakan perhitungan rasio-rasio untuk menilai keadaan keuangan perusahaan. Pada prinsipnya laporan keuangan merupakan hasil dari suatu proses akuntansi yang dapat digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi mengenai data keuangan suatu perusahaan. Informasi dari laporan keuangan dapat diungkapkan dengan melakukan analisis terhadap laporan keuangan sebagai landasan perencanaan bagi operasional perusahaan untuk masa atau periode selanjutnya. Selain itu laporan keuanganmerupakan alat ukur untuk mengetahui maju mundurnya atau perkembangan perusahaan.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perkembangan dan kinerja pada perusahaan telekomunikasi di Indonesia yang sudah go public di BEJ (Bursa Efek Jakarta). Sedangkan kegunaan penelitian ini khususnya bagi perusahaan yaitu sebagai bahan dasar pertimbangan dalam mengambil kebijakan-kebijakan atau keputusan-keputusan yang akan diambil guna kemajuan dan perkembangan perusahaan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa secara keseluruhan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. memiliki kinerja yang lebih baik apabila dibandingkan PT. indosat, Tbk. apabila ditinjau dari rasio likuiditasnya. Hasil rasio aktivitas menunjukan bahwa PT. Indosat, Tbk. pada tahun 2003 memiliki kinerja yang lebih baik dalam melakukan tagihan atas piutang yang terjadi sedangkan pada rasio perputaran aktiva tetap dan total aktiva yang dimiliki perusahaan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. memiliki kinerja yang lebih baik. Rasio leverage dapat membuktikan bahwa PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. memiliki kemampuan untuk menghasilkan laba bersih yang lebih baik apabila dibandingkan PT. Indosat, Tbk. Hasil analisis rasio profitablitas dapat membuktikan bahwa PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. secara keseluruhan memiliki kinerja yang lebih baik apabila dilihat dari komposisi rasio profit margin, ROA dan ROE. Mengenai analisis rasio pasar dapat membuktikan bahwa PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. memiliki kinerja yang lebih baik dalam usaha peningkatan keuntungan per lembar saham dan besarnya atau return yang akan diterima oleh pemegang saham. Sedangkan pada rasio pembayaran devident menunjukan bahwa PT. Indosat, Tbk. memiliki kinerja yang baik.

 

Keyword : Analisis rasio

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/207/jiptummpp-gdl-s1-2007-indrasofia-10350-Pendahul-n.pdf


Keywords


Analisis rasio