EVALUASI INFORMASI AKUNTANSI ATAS PENERIMAAN KAS PADA CV. CYBERCITY DI KEDIRI

HARY PRASETYO ASMORO

Abstract



Penelitian ini merupakan studi kasus pada CV. Cybercity dengan judul Evaluasi Informasi Akuntansi Atas Penerimaan Kas Pada CV. Cybercity di Kediri.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai kelayakan informasi penerimaan kas apakah sudah layak untuk manajemen yang digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan strategi bisnis.
Objek dan lokasi yang dipilih adalah CV. Cybercity Kediri. Analisa yang digunakan adalah dengan mengidentifikasi format laporan penerimaan kas dan diverifikasi dengan kebutuhan informasi manajemen. Untuk melakukan verifikasi digunakan angket pertanyaan untuk interview kepada responden yang terkait dalam aktivitas penerimaan kas, dengan model jawaban ?ya? dan ?tidak?. Angket dibuat dengan dasar enam karakteristik informasi yang berguna bagi pemakainya, yaitu : relevan, andal, lengkap, tepat waktu, dapat dipahami, dapat diverifikasi. Tolok ukur untuk menentukan nilai kualitas informasi penerimaan kas adalah prosentase skala rating dengan penilaian bila hasil prosentase jawaban masuk ke dalam range 76%-100% dikategorikan layak, masuk ke dalam range 56%-75% dikategorikan cukup layak, masuk ke dalam range 26%-50% dikategorikan kurang layak dan yang masuk range 0%-25% dikategorikan tidak layak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi penerimaan kas yang dilaporkan kepada manajemen cukup layak. Penilaian diperoleh berdasarkan identifikasi dari format laporan penerimaan kas dengan informasi yang dibutuhkan oleh manajemen, hasil angket serta keterangan dari responden tentang penilaian kelayakan informasi penerimaan kas. Dari penilaian angket diperoleh total jawaban ?ya? sebesar 74,08% dan jawaban ?tidak? sebesar 25,92%. Perhitungan prosentase dan prosentase rata-rata jawaban mengenai penilaian kelayakan informasi penerimaan kas dengan rumus :
Y = 100% ; X = 100%
= ; =
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya CV. Cybercity perlu melakukan pengklasifikasian dan pemrosesan data secara urut sesuai dengan transaksi, membuat program koreksi, menggunakan operator sistem yang memiliki kemampuan dan penguasaan tentang sistem untuk memperbaiki kualitas informasi sehingga informasi yang dilaporkan dapat dinyatakan layak bagi manajemen.

 

Keyword : KAS, EVALUASI, INFORMASI

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/208/jiptummpp-gdl-s1-2007-harypraset-10378-Pendahul-n.pdf


Keywords


KAS; EVALUASI; INFORMASI