PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLAK UKUR PENILAIAN KINERJA MANAJEMEN PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada RSU Dr. Saiful Anwar Malang)

NUR AFNI FATMAWATI

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada rumah sakit pemerintah dengan judul ?Penerapan Balanced scorecard Sebagai Tolak Ukur Kinerja Manajemen Perusahaan (Studi Kasus pada RSU Dr. Saiful Anwar Malang)?.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi kinerja RSU Dr. Saiful Anwar Malang bila diukur dengan menggunakan Balanced Scorecard.
Penilaian kinerja pada pada RSU Dr. Saiful Anwar Malang dilakukan untuk tahun 2004 dan tahun 2005 dengan menggunakan Balanced Scorecard. Balanced Scorecard merupakan salah satu metode pengukuran kinerja yang memperhatikan aspek keuangan dan non keuangan yang terdiri atas empat perspektif, yaitu: 1) Perspektif Keuangan 2) Perspektif Pelanggan (Pasien) 3) Perspektif Bisnis Internal 4) Perspektif Belajar dan Berkembang.
Adapun teknik analisis yang digunakan, yaitu: 1) Perspektif Keuangan, yang diukur dari indikator Efektifitas Pendapatan dan Pertumbuhan Pendapatan. 2) Perspektif Pelanggan (Pasien), yang diukur dari indikator Jumlah Pasien, jumlah pasien rawat inap dan jumlah pasien rawat jalan. 3) Perspektif Bisnis Internal, yang diukur dari indikator ALOS, BOR, TOI, BTO. 4) Perspektif Belajar dan Berkembang, yang diukur dari indikator employee retention (perputaran karyawan), employee training (pelatihan karyawan), absensi karyawan.
Hasil analisis data yang dapat dilihat bahwa dari 1) Perspektif Keuangan kinerja RSU Dr. Saiful Anwar Malang selama periode 2004-2005, dapat dilihat dari frekuensi pendapatan dan tingkat pertumbuhan pendapatan yang mengalami peningkatan. Dengan demikian kinerja manajemen RSU Dr. Saiful Anwar Malang dapat dikatakan baik. 2) Perspektif Pelanggan kinerja RSU Dr. Saiful Anwar Malang selama periode 2004-2005, dapat dilihat dari jumlah pasien, jumlah pasien rawat inap dan jumlah pasien rawat jalan dimana indikator ini telah disesuaikan dengan jenis pelayanannya. Ketiga indikator tersebut cenderung mengalami peningkatan. Dengan demikian kinerja manajemen RSU Dr. Saiful Anwar Malang dapat dikatakan baik. 3) Perspektif bisnis internal kinerja RSU Dr. Saiful Anwar Malang selama periode 2004-2005, dapat dilihat dari ALOS, BOR yang mengalami peningkatan TOI, BTO yang mengalami penurunan. Dengan demikian kinerja manajemen RSU Dr. Saiful Anwar Malang dapat dikatakan cukup baik. 4) Perspektif belajar dan berkembang kinerja RSU Dr. Saiful Anwar Malang selama periode 2004-2005, dapat dilihat dari employee retention (perputaran karyawan) sendiri tidak dapat diterapkan karena keluarnya karyawan rumah sakit secara normal atau pensiun normal, employee training (pelatihan karyawan) dari tahun ketahun mengalami peningkatan, sedangkan absensi karyawan dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Dengan demikian kinerja manajemen RSU Dr. Saiful Anwar Malang dapat dikatakan baik.

 

Keyword : Balanced Scorecard

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/211/jiptummpp-gdl-s1-2007-nurafnifat-10543-1.+PENDA-N.pdf


Keywords


Balanced Scorecard