HUBUNGAN FOREIGN OWNERSHIP DENGAN INDEKS HARGA SAHAM INDIVIDUAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG LISTING DI BURSA EFEK JAKARTA

Ardi Perdanasari Oktora

Abstract


Pasar modal merupakan alternatif pendanaan bagi perusahaan-perusahaan. Dalam melakukan investasi di pasar modal banyak investor yang menginginkan keuntungan dari hasil jual beli saham daripada pembagian dividen. Salah satu sektor yang memberikan keuntungan tersendiri bagi para investor adalah sektor industri yang mampu menarik para investor dalam negeri maupun asing. Para investor menilai bahwa sektor industri khususnya perusahaan manufaktur memberikan prospek yang cerah dalam memberikan keuntungan di dalam melakukan investasi. Di Indonesia keterlibatan investor asing dalam Bursa Efek Jakarta cukup dominan, karena negara Indonesia termasuk negara yang sedang berkembang.
Ruang lingkup dari penelitian ini adalah menguji analisis hubungan antara foreign ownership dan indeks harga saham individual atas perusahaan-perusahaan yang listing atau terdaftar di BEJ pada periode Agustus 2006 ? Januari 2007. Sedangkan objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur. Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research) dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang diajukan mengenai pengaruh variabel-variabel Foreign Ownership sebagai variabel independent terhadap Indeks Harga Saham Individual pada Perusahaan Manufaktur sebagai variabel dependen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic (analisis korelasi) dan Uji-t.
Dari hasil analisis koefisien korelasi r Pearson disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara foreign ownership dengan indeks harga saham individual pada perusahaan manufaktur dalam LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta sebesar 75,2%. Sedangkan dari hasil uji t diperoleh nilai thitung sebesar 3,609 > ttabel sebesar 1,796 dengan tingkat signifikansi 0,005 lebih kecil dari  = 0,05. Artinya bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara foreign ownership dengan indeks harga saham individual pada perusahaan manufaktur dalam LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Hubungan yang positif dan signifikan menunjukkan bahwa setiap kenaikan persentase foreign ownership akan diikuti oleh kenaikan indeks harga saham individual pada perusahaan manufaktur dalam LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta.

 

Keyword : Foreign Ownership

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/211/jiptummpp-gdl-s1-2007-ardiperdan-10544-Pendahul-F.pdf


Keywords


Foreign Ownership