PENGARUH BIAYA SOSIAL TERHADAP RETURN ON INVESTMENT (ROI) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG LISTING DI BEJ

Dony Rafli

Abstract


Penelitian ini merupakan studi empiris pada perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Jakarta dengan judul ?Pengaruh Biaya Sosial Terhadap Return on Investment (ROI) pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEJ?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh biaya sosial yang dikeluarkan perusahaan terhadap ROI perusahaan tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil hipotesis yaitu bahwa terdapat biaya sosial terhadap return on investment (ROI) pada perusahaan manufaktur yang listing di BEJ.
Alat analisis yang digunakan untuk menguji pengaruh biaya sosial yang dikeluarkan perusahaan terhadap ROI adalah regresi berganda dengan bantuan program SPSS for Windows ver. 11 dan EViews ver. 3.0. Uji ANOVA digunakan untuk mengetahui pengaruh secara serentak variabel dependen (ROI) dengan variabel independen (biaya sosial) dan uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh secara parsial variabel dependen (ROI) dengan variabel independen (biaya sosial). Variabel independen (biaya sosial) terdiri dari X1 (biaya pemantauan lingkungan), X2 (biaya pemantauan produksi), X3 (biaya pemantauan kesejahteraan karyawan), dan X4 (biaya kemasyarakatan).
Hasil persamaan regresi berganda adalah Y = 7.6793 + 0.007 X2 + 0.0105 X3 + 0.7454 X4. 7.6793 menunjukkan nilai konstanta dari persamaan regresi, yang berarti jika tidak ada biaya sosial maka rata-rata ROI perusahaan adalah 7.6793. 0.007 menyatakan bahwa setiap penambahan 1 % biaya pemantauan produksi akan meningkatkan ROI sebesar 0.007 %. Koefisien regresi X3 sebesar 0.0105 menunjukkan bahwa setiap penambahan 1 % biaya pemantauan kesejahteraan karyawan akan meningkatkan ROI sebesar 0.0105 %. Sedangkan koefisien regresi X4 sebesar 0.7454 menunjukkan bahwa setiap penambahan 1 % biaya kemasyarakatan akan meningkatkan ROI sebesar 0.7454 %.
Hasil uji ANOVA dan uji t menunjukkan bahwa baik secara serentak maupun parsial biaya sosial tidak berpengaruh terhadap ROI perusahaan manufaktur yang listing di BEJ.

 

Keyword : biaya sosial dan ROI

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/211/jiptummpp-gdl-s1-2007-donyrafli0-10549-01.+Pend-n.pdf


Keywords


biaya sosial; ROI