ANALISIS KALKULASI HARGA POKOK PROSES PADA PERUSAHAAN GARMENT CV. DWI PUTRA BHAKTI

Frano Ari Nugroho

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Perusahaan Garmen CV.Dwi Putra Sakti Malang dengan judul ?Analisis Kalkulasi Harga Pokok Proses (Process Costing ) Pada Perusahaan Garmen CV.Dwi Putra Sakti Malang?.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Perusahaan CV. Dwi Putra Sakti Malang melakukan kalkulasi harga pokok proses ( process costing ) . Alat analisis yang digunakan adalah dengan pendekatan diskriptif kuantitatif , yaitu dengan melakukan kalkulasi harga pokok proses ( process costing) metode FIFO.Kalkulasi harga pokok proses adalah sisitim pengumpulan harga pokok produk dimana biaya dikumpulkan untuk setiap satuan waktu tertentu dan digunakan pada perusahaan yang menghasilkan produkhomogen,bentuk produk bersifat standar, tidak tergantung spesifikasi yang diminta pembeli dan arus produksinya bersifat terus menerus.Metode FIFO menghasilkan biaya per unit yang akurat(terkini) ,karena biaya per unit didasarkan hanya pada kegiatan periode berjalan sehingga metode ini dapat digunakan sebagai pedoman pimpinan Perusahaan untuk mengelola dan mengidentifikasi biaya pada periode berjalan.

Hasil kalkulasi harga pokok proses yang dilakukan perusahaan adalah sebesar Rp 159.400,- untuk produk celana dan Rp 105.400 untuk kemeja.Sedangkan menurut penulis dengan metode FIFO adalah sebesar Rp 8.107,59,- untuk semua hasil produksi (celana dan kemeja).

Hasil kalkulasi harga proses menurut penulis dapat dijadikan dasar penagmbilan keputusan untuk operasional perusahaan .Metode FIFO yang dip[ergunakan menghasilkan harga pokok yang akurat ,didalamnya telah dimasukkan semua elemen biaya yang digunakan pada masing-masing depertemen,persediaan awal dan akhir barang dalam proses dan produk rusak.

Berdasarkan kesimpulan diatas ,penulis memberikan saran bahwa sebaiknya Perusahaan Garmen Dwi Putra Sakti Malang menerapkan kalkulasi harga pokok proses (process costing) secara benar ,menerapkan nya secara berkesinambungan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada.

 

Keyword : Process Costing

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/212/jiptummpp-gdl-s1-2007-franoarinu-10573-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Process Costing